PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih Model Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) di MTs. Al-I’lam Rabasan Camplong Sampang

AHMAD JAILANI - Nama Orang;

A B S T R A K
Ahmad Jailani. 2014. Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih Model Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) di MTs. Al-I’lam Rabasan Camplong Sampang. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan; Dosen Pembimbing: Achmad Muhlis, MA.

Kata Kunci: Pembelajaran Fiqih; Model Kooperatif Tipe STAD.
Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) memiliki keunggulan dalam membantu siswa memahami konsep-konsep yang sulit. Selain itu, pembelajaran ini dikembangkan untuk mencapai hasil belajar akademik dan keterampilan sosial siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran ini sangat cocok diterapkan dalam proses belajar mengajar. Ada dua permasalahan utama yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih model kooperatif tipe student team achivement division (STAD) di MTs. Al-I’lam Rabasan Camplong Sampang? (2) Apa saja kendala dalam pelaksanaan pembelajaran fiqih model kooperatif tipe student team achivement division (STAD) di MTs. Al-I’lam Rabasan Camplong Sampang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian fenomenologis. Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fiqih Kelas VII, VIII, dan IX MTs. Al-I’lam Rabasan Camplong Sampang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif-kualitatif. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Pembelajaran fiqih model kooperatif tipe student team achivement division (STAD) di MTs. Al-I’lam Rabasan Camplong Sampang dilaksanakan dengan: Pada tahap pendahuluan, guru mengkomunikasikan tujuan dan hasil pembelajaran kepada siswa, serta memotivasi mereka dan menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh. Pada tahap kegiatan inti, guru menyampaikan materi pembelajaran kemudian memberi-kan tes awal untuk mendapatkan skor dasar. Kemudian membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil dan diberi bahan-bahan diskusi. Setelah itu siswa diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Lalu, guru memberikan tes/kuis kepada setiap siswa secara individual. Terakhir, memberikan penghargaan kepada kelompok. Pada kegiatan akhir, guru memberikan refleksi pekerjaan rumah kepada siswa. (2) Kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran fiqih model kooperatif tipe student team achivement division (STAD) di MTs. Al-I’lam Rabasan Camplong Sampang adalah: rawan terjadinya situasi kelas yang gaduh manakala kelas kurang bisa dikendalikan oleh guru, adanya siswa yang tidak dapat bekerjasama dengan teman-temannya secara efektif dalam kelompok, adanya perbedaan tingkat kemampuan siswa dalam mencari dan menggunakan informasi, dan minimnya alat/sumber belajar dan sempitnya alokasi waktu.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura 112014049 Ahm P
112014049
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112014049 Ahm P
Penerbit
Pamekasan : STAIN Pamekasan Press., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2014
PEMBELAJARAN FIQIH
Info Detail Spesifik
49
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?