PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Optimalisasi Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Kelas Akselerasi Di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan

Mohammad Munawir - Nama Orang;

ABSTRAK

Mohammad Munawir, 2014. Optimalisasi Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Kelas Akselerasi Di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN Pamekasan, Pembimbing Dr. Abd, Mukhid, M. Pd.

Kata Kunci: Profesioanlisme guru, Pembelajaran kelas akselerasi
Ada tiga (3) permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana implementasi profesionalisme guru dalam pembelajaran kelas akselerasi di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Kedua, apa kendala-kendala dalam optimalsiasai profesionalisme guru dalam pembelajaran kelas akselerasi di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Ketiga upaya apa yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala dalam optimalsiasai profesionalisme guru dalam pembelajaran kelas akselerasi di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana implementasi profesionalisme guru dalam pembelajaran kelas akselerasi di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. (2) apa kendala-kendala dalam optimalsiasai profesionalisme guru dalam pembelajaran kelas akselerasi di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. (3) upaya apa yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala dalam optimalsiasai profesionalisme guru dalam pembelajaran kelas akselerasi di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah kepala Madrasah dan guru MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan pakong kabupaten Pamekasan. Sumber data sekunder adalah siswa. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data ketekunan pengamatan, uraian rinci dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Implementasi profesionalisme guru dalam pembelajaran kelas akselerasi di MTsN Sumber Bungur Pamekasan adalah. (a) Mengarah pada tanggung jawab dalm meleksanakan tugas, komitmen, dan kerjasama dalam tim serta meningkatkan kompetensi. (b) Menyiapkan perangkat berupa silabus dan RPP dan meningkatkan pemahaman materi ajarnya. (c) Dengan menerapkan PAIKEM melalui berbagai macam metode pembelajaran sesuai dengan materi pelajaran, SK dan KD. (d) Dengan mengacu 4 (empat) pilar pendidikan yang diterapkan pada siswa, salah satu dari ke empat pilar itu yakni pertama “learning to know” (belajar untuk mengetahui), (f) Penguasaan terhadap keterampilan pengelolaan kelas (g) Penguasaan terhadap Informasi Tehnologi (IT) atau mampu mengoprasionalkan Komputer. (2) Kendala-kendala Dalam Optimalisasi Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Kelas Akselerasi Di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan, diantaranya bagi guru (a) Perubahan Kurikulum Madrasah 2013 (b) Refrensi atau buku-buku pengetahuan yang mendukung.dan Bagi Siswa (c) Berkurangnya interaksi sosial anak terhdap teman sebaya. (3) Upaya mengatasi Kendala-kendala Dalam Optimalisasi Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Kelas Akselerasi Di MTsN Sumber Bungur Pamekasan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan bagi guru (a) Program pemberdayaan Musyawaarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). (b) Mengadakan pelatihan terhadap peningkatan kompetensi gurudan Trainig Kurikulum Madrasah 2013 (c) Melengkapi refrensi atau buku-buku pengetahuan yang mendukung. Dan bagi siswa (a) Mengadakan program wisata dan lomba antarkelas serta pendampingan bagi siswa akselerasi.
.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura 1120140107 Moh O
1120140107
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1120140107 Moh O
Penerbit
Pamekasan : STAIN Pamekasan Press., 2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2014
Profesionalisme Guru
Info Detail Spesifik
107
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?