PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PERAN GURU SEBAGAI PENGAJAR DALAM PENGEMBANGAN SIKAP KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA LENTENG PROPPO PAMEKASAN.

Kurratul Aini - Nama Orang;

Kurratul Aini, 2016, Peran Guru Sebagai Pengajar Dalam Pengembangan Sikap
Keagamaan Peserta Didik Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Lenteng
Proppo Pamekasan, skripsi, program studi Pendidikan Agama Islam, jurusan
tarbiyah, pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata kunci: Peran Guru, Pengembangan Sikap Keagamaan. Ada tiga fokus
penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini: Pertama,
bagaimanakah peran guru sebagai pengajar dalam perencanaan kegiatan harian
untuk pengembangan sikap keagamaan peserta didik di Taman Kanak-Kanak
Dharma Wanita Lenteng Proppo Pamekasan?. Kedua, bagaimanakah peran guru
sebagai pengajar dalam pelaksanaan proses pembelajaran untuk pengembangan
sikap keagamaan peserta didik di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Lenteng
Proppo Pamekasan?. Ketiga, bagaimanakah peran guru sebagai pengajar dalam
mengevaluasi pembelajaran untuk pengembangan sikap keagamaan peserta didik
di Taman Kanak-Kanak Lenteng Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis
penelitiannya menggunakan fenomenologis, sumber datanya adalah kepala
sekolah, guru dan orang tua dari peserta didik, sedangkan dalam pengumpulan
datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, adapun teknik
pengecekan datanya menggunakan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan
peneliti, dan trianggulasi.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, peran guru sebagai
pengajar dalam perencanaan kegiatan harian kegiatan harian untuk pengembangan
sikap keagamaan dilakukan sesuai berdasarkan programnya. Jika program
tahunan (PROTA), direncanakan diawal atau sebelum tahun ajaran. Jika program
semester (PROMES) direncanakan awal semester. Begitupun juga dengan
program mingguan (RKM) dan program harian (RKH) dilakukan sesuai dengan
jadwalnya. Untuk menentukan proses belajar mengajar sehingga mencapai tujuan
yang telah dirumuskan atau ditetapkan. Kedua, peran guru sebagai pengajar dalam
pelaksanaan proses pembelajaran untuk pengembangan sikap keagamaan peserta
didik di TK Dharma Wanita sudah dilaksanakan cukup efektif, mulai dari jam
07.00 sampai jam 10.00 WIB, hal ini dilakukan dengan menggunakan sistem 3
hari membaca iqra’ dan tiga harinya lagi membaca buku bacaan (buku ejaan) ada
beberapa kendala yang dihadapi oleh peserta didik ketika proses pembelajaran
berlangsung yaitu peserta didik masih merasa malu ketika disuruh oleh guru,
tidak percaya diri, serta kurangnya sarana dan prasarana, serta pemahaman peserta
didik yang yang tidak sama sehingga antara peserta didik yang satu dengan yang
lainnya tidak sama. Ada beberapa cara yang dilakukan oleh guru dalam
meningkatkan sikap keagamaan peserta didik dengan cara a). Mempraktekkan
dari apa yang sudah dijelaskan, b) Membiasakan anak berbuat baik kepada
temannya dalam kehidupan sehari-hari mereka, c) membiasakan anak membaca
surat-surat pendek. Ketiga peran guru sebagai pengajar dalam mengevaluasi
pembelajaran untuk pengembangan sikap keagamaan peserta didik dengan cara
mengamati yaitu jenis evaluasi (non test) terhadap aspek-aspek keagamaan
peserta didik.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang skripsi) 112016032 Kur P
112016032
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112016032 Kur P
Penerbit
Pamekasan : STAIN Pamekasan Press., 2016
Deskripsi Fisik
76 hlm, 21X29cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI 2016
Info Detail Spesifik
32
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?