Text
PENELITIAN TINDAKAN KELAS MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MTs AL-ABROR II AMBAT TLANAKAN PAMEKASAN
HARYANTO, 2017, Penelitian Tindakan Kelas Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Abror II Ambat Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah: Pembimbing: Dr. Edi Susanto M. Fil.I
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, dan Aqidah Akhlaq.
Penelitian Tindakan Kelas Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Abror II merupakan upaya guru untuk memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas atau masalah seorang guru yang di hadapi di dalam kelas agar lebih nyaman dan kondusif.
Penelitian ini difokuskan: (1) Bagaimana pelaksanaan penelitian tindakan kelas Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Abror II Ambat Tlanakan Pamekasan. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penelitian tindakan kelas Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Abror II Ambat Tlanakan Pamekasan.
Dalam penelitian ini lokasi yang dipilih adalah MTs Al-Abror II Ambat Tlanakan Pamekasan. Pendekatan penelitiannya menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif, dan sumber data yang di peroleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dari jenis manusia adalah kepala sekolah dan guru mata pelajaran akidah akhlak dan sumber data dari non-manusia adalah dokumen yang berkaitan dengan penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penelitian yang telah dilakukan di MTs Al-Abror II Ambat Tlanakan Pamekasan, diperoleh gambaran, dimana, dalam pelaksanaan masih kurang efektif karna tidak memamfaatkan semua potensi guru seperti, penguasaan materi mata pelajaran, keterampilan mengajar, minat dan keterlibatan, baik peneliti sebagai guru maupun guru sebagai teman sejawat. Kedua, Kekurangannya juga dalam pengetahuan dan keterampilan serta tehnik-tehnik dasar PTK, sulitnya menemukan dan merumuskan masalah yang akan di teliti, sulitnya mengelola waktu antara kegiatan rutin ditamabah dengan kegiatan PTK.
Tidak tersedia versi lain