PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN AFEKTIF SISWA DI SMPI AL- MABRUR MONCEK TENGAH LENTENG SUMENEP

Nurul Qomariyah - Nama Orang;

Nurul Qomariyah 2016. Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan
Afektif Siswa di SMPI Al- Mabrur Moncek Tengah Lenteng Sumenep.
Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam,
STAIN Pamekasan. Pembimbing . Dr.Siswanto,M.Pd.I
Kata Kunci : Strategi Guru, Kemampuan Afektif
Dalam proses pembelajaran di lembaga persekolahan, titik tolak
keberhasilan siswa lebih ditekankan pada kemampuan Kognitif dan Psikomotor.
Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya ulangan atau ujian yang diselenggarakan
disekolah-sekolah. Soal-soal yang diberikan kepada siswa lebih cenderung pada
aspek kognitif (mengingat pelajaran yang telah dipelajari) dan aspek spikomotorik
(mempraktekkan maateri yang telah dipelajari). Padahal ranah afektik juga
menjadi bagian penting dalam mewujudkan tujuan pembelajaran. Berangkat dari
konteks tersebut maka peneliti tertarik menyusun skripsi dengan judul “Strategi
Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Afektif Siswa di Smpi Al- Mabrur
Moncek Tengah Lenteng Sumenep.”
Ada 3 hal yang menjadi fokus peneltian ini, yaitu : (1) Bagaimana strategi
guru dalam mengembangkan kemampuan afektif siswa di SMPI Al-Mabrur
Moncek Tengah Lenteng Sumenep. (2) Apa saja faktor pendukung dan
penghambat yang mempengaruhi terhadap strategi guru dalam mengembangkan
kemampuan afektif siswa di SMPI Al-Mabrur Moncek Tengah Lenteng Sumenep.
(3) Bagaimana hasil strategi guru dalam mengembangkan kemampuan afektif
siswa di SMPI Al-Mabrur Moncek Tengah Lenteng Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah deskriptif, data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi diolah dan dianalisis secara deskriptif, kemudian data yang diperoleh
dicek keabsahannya dengan ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan,
dan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi guru dalam
mengembangkan kemampuan afektif siswa di SMPI Al-Mabrur Moncek Tengah
Lenteng Sumenep dilakukan dengan dua tahap yaitu, saat proses pembelajaran
dan di luar proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran penerapan strategi
guru bervariasi mulai dari pemilihan strategi pembelajaran yang variatif dan
menarik, menyelipkan humor-humor ringan dan kisah-kisah teladan, serta
mengaitkan materi pelajaran dengan agama dan kehidupan sehari-hari. Di luar
proses pembelajaran, pengembangan kemampuan afektif siswa dilakukan dengan
dua pola yaitu pola pembiasaan dan pola modeling. Pola pembiasaan yang
diterapkan seperti : a) siswa diwajibkan bersalaman kepada guru sebelum masuk
kelas; b) berdoa sebelum dan sesudah pelajaran; c) penerapan 3S (senyum, salam
5dan sapa) baik bagi sesama guru maupun sesama siswa. Sedangkan pola modeling
ini diterapkan dengan cara guru harus menjadi panutan dan teladan bagi siswa
dengan menjaga sikap dan etika baik di lingkungan sekolah maupun di
lingkunngan masyarakat. (2) faktor pendukung mempengaruhi terhadap strategi
guru dalam mengembangkan kemampuan afektif siswa di SMPI Al-Mabrur
Moncek Tengah Lenteng Sumenep antara lain: a) dukungan dari kepala sekolah;
b) lingkungan SMPI Al-Mabrur yang berada di bawah naungan pondok pesantren
dimana penanaman sikap dan moral sudah ditempa di pondok secara disiplin.
faktor penghambatnya meliputi: a) kemampuan afektif berkenaan dengan ranah
rasa yang sulit diukur; b) kurangnya pemahaman guru terhadap tatacara penilaian
ranah afektif; c) kurangnya sarana dan prasarana.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang skripsi) 112016043 Nur S
112016043
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112016043 Nur S
Penerbit
Pamekasan : STAIN PAMEKASAN., 2016
Deskripsi Fisik
84 hlm,21X29cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI 2016
Info Detail Spesifik
43
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?