PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU NURUL HIDAYAH KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN SAMPANG

Tyas Desy Nur Hawariyyun - Nama Orang;

Tyas Desy Nur Hawariyyun, 2016, Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru
Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Nurul Hidayah Sampang, Skripsi,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Dr. Buna’i S.Ag,
M,Pd
Kata kunci: kompetensi pedagogik, guru, taman kanak-kanak
Guru harus memiliki kompetensi atau kemampuan untuk mengajar,
memotivasi siswa, membuat model instruksional, mengelola kelas,
berkomunikasi, merencanakan pembelajaran dan mengevaluasi. Semua
kompetensi tersebut mendukung keberhasilan guru dalam mengajar. Guru yang
memiliki kompetensi pedagogik yang baik, akan mampu memahami apa yang
dibutuhkan dan diinginkan siswa dalam proses pembelajaran. Cara mengetahui
seluas dan sedalam apa materi yang akan diberikan pada siswanya sesuai dengan
perkembangan kognitifnya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana kompetensi pedagogik guru di
Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Nurul Hidayah Sampang? kedua, upaya apa
saja yang dilakukan sekolah dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru di
Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Nurul Hidayah Sampang? ketiga, apa saja
faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangan kompetensi
pedagogik guru di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Nurul Hidayah Sampang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur, observasi partisipan
dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran, ketekunan
pengamatan, triangulasi dan kecukupan refrensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, kemampuan guru tidak
hanya terlihat dalam mengelola pembelajaran, namun juga terlihat saat
memotivasi siswa dan merancang pembelajaran sebaik mungkin. Kedua, upaya
yang telah dilakukan sekolah adalah mengutus semua guru secara bertahap untuk
mengikuti diklat pengembangan diri. Ketiga, faktor pendukungnya adalah tingkat
kemampuan guru, sarana prasarana atau fasilitas sekolah yang memadai dan
faktor penghambatnya adalah kondisi cuaca alam sering terjadi banjir.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang skripsi) 112016060 Tya P
112016060
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112016060 Tya P
Penerbit
Pamekasan : STAIN Pamekasan.., 2016
Deskripsi Fisik
83 Hlm, 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI 2016
Info Detail Spesifik
60
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?