PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAKIR DALAM KITAB WASHAYA AL-ABAI LI AL-ABNAI

MAIMUNAH - Nama Orang;

Maimunah, 2017, Konsep Pendidikan Anak Menurut Pemikiran Muhammad Syakir dalam
Kitab Washâyâ al-Ãbâi li al-Abnâi, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, STAIN
Pamekasan, Pembimbing : Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag.
Kata Kunci :konsep dan pendidikan anak
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Mengungkap istilah yang dipakai oleh Muhammad
Syakir dalam menyebutkan pendidikan
dan anak dalam kitab washâyâ.; kedua,
Mengidentifikasi apa saja konsep yang diberikan oleh Muhammad Syakir dalam kitab
washâyâ dalam pendidikan anak.; ketiga, Mengetahui kontribusi pemikiran Muhammad
syakir dalam pendidikan anak terhadap pendidikan sekarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dengan tujuan memahami
permasalan secara mendalam guna menemukan pola, hipotesis, atau teori mengenai konsep
pendidikan anak menurut pemikiran Muhammad Syakir dalam kitab washâyâ. Sumber data
diperoleh secara langsung (primer) dan tidak langsung (sekunder). Sumber yang bersifat
primer yaitu kitab washâyâ yang original dan terjemahan. Sedangkan sumber data yang
bersifat sekunder, yaitu kitab-kitab yang relevan yang lain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Istilah Pendidikan dan Anak Menurut
Pemikiran Muhammad Syakirdalam kitab Washâyâ al-Ãbâi li al-Abnâi secara keseluruhan
penulis menemukan istilah pendidikan dalam 3 kata yaitu tarbiyah, ta’lim dan ta’dib.
Sedangkan istilah anak yang digunakan oleh Muhammad Syakir dalam kitab washâyâ ialah
lafad bunayya yang berasal dari kata ibn yang memiliki arti anak laki-laki namun karena
lafad bunaya didahului oleh nida’ (seruan) maka tidak bisa hanya diartikan laki-laki karena
lafad bunayya bukan lafad yang khusus arti laki-laki seperti lafad yang mengikuti wazan
fu’ila yang ketika kemasukan nida’ menjadi khusus terhadap laki-laki; kedua, Konsep yang
diberikan oleh muhammad syakir dalam kitab washâyâ dalam pendidikan anak ada kita
pengklasifikasian yaitu iman, ilmu dan akhlak; ketiga, Kontribusi pemikiran muhammad
syakir dalam pendidikan anak terhadap pendidikan sekarang ialah sebagai berikut: Konsep
pendidikan anak, anak tidak hanya dituntut untuk cerdas dalam intelektual namun anak juga
di tutntu untuk cerdas dalam spritual dan emosional. Tujuan pendidikan anak, anak selalu
beramal sholeh, anak memiliki badan yang sehat, anak mempunyai pendirian yang kuat, anak
memiliki hati yang suci, anak memiliki akhlak yang mulia, anak dapat menjaga adab, anak
menjauhi perkataan tercela, anak memiliki sikap lemah lembut, anak dapat menolong fakir
miskin, anak memiliki sifat pemaaf, dan anak tidak boleh meningglkan shalat dan tidak
menunda-nunda beribadah kepada Pencipta, Pemilik, Pemelihara, dan Penguasa. Metode
pembelajaran berupa metode mengkafi ulang, metode memahami, dan metode diskusi.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang skripsi 2017) 112017179 Mai K
112017179
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112017179 Mai K
Penerbit
Pamekasan : STAIN PAMEKASAN., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2017
Info Detail Spesifik
179
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?