PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI MTS MIFTAHUL ULUM MADUKAWAN KECAMATAN PEGANTENAN KABUPATEN PAMEKASAN

Mohammad amin - Nama Orang;

Mohammad Amin 2017. Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas di sekolah MTs
Miftahul Ulum Madukawan Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan,
Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN
Pamekasan, Dosen Pembimbing: Drs. H. Moh Zaini, MM
Kata Kunci: Strategi, Guru, Pengelolaan Kelas
Ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam kajian penelitian ini
yaitu: (1) Bagaimana bentuk pelaksanaan strategi yang digunakan guru dalam
pengelolaan kelas di MTs Miftahul Ulum Madukawan Pegantenan
Pamekasan? (2) Bagaimana kendala yang dihadapi guru dalam penerapan
strategi pengelolaan kelas di MTs Miftahul Ulum Madukawan Pegantenan
Pamekasan? (3) Bagaimana solusi guru dalam menghadapi masalah
pengelolaan kelas di MTs Miftahul Ulum Madukawan Pegantenan
Pamekasan ?
Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif, dengan jenis diskriptif, peneliti hadir ke lokasi penelitian untuk
mendapatkan data atau informasi. Dalam kegiatan penelitian ini meliputi
pengumpulan data dengan cara Observasi non partisipan, wawancara tidak
terstruktur kepada guru dan kepala sekolah dan siswa serta dokumentasi.
Dalam proses pengupulan data melalui langkah-langkah yaitu Reduksi data,
penyajian data (display data), verification. Maka untuk mendapatkan data
yang valid dilakukan pengecekan dengan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan pertama, bentuk pelaksanaan
strategi yang digunakan guru dalam pengelolaan kelas di MTs Miftahul Ulum
Madukawan Pegantenan Pamekasan yaitu guru mempunyai persiapan
sebelum melaksanakan program belajar mengajar . Karena siswa itu harus
benar-benar paham, terlebih dahulu dalam mengingat. Dalam hal ini yang
dipersiapkan adalah materi dan seluruh perlengkapan kelas termasuk media,
papan, penataan bangku, serta alat-alat tulis laennya. Kalau tidak ada
persiapan maka akan kebingungan dalam menyampaikan meteri sehingga
dengan adannya persiapan sebelumnya dalam mengajar tidak melantur
kemana mana dan terarahkan. Dalam mengajar siswa harus menggunakan
cara-cara untuk memancing semangat murid dan memberikan motivasi
dengan cara yang sesuai dengan karekter siswa. Persiapan program belajar
mengajar yang dilakukan para guru di MTs Miftahul Ulum Madukawan
Pegantenan Pamekasan berupa metode dan media kedua, Apa saja kendala
atau masalah dalam penerapan strategi pengelolaan kelas di MTs Miftahul
Ulum Madukawan Pegantenan Pamekasan yaitu: (1) Faktor guru, Penampilan
fisik dan gaya mengajar yang kurang menarik dan cara penyampaian kurang
tepat pada anak didik. pengendalian emosi yang kurang tepat, tidak sabar.
Keterampilan komunikasi yang kurang efektif kepada siswa. (2) Faktor
Peserta didik, Kesulitan siswa dalam beradaptasi dengan lingkungan kelas
yang berubah atau baru. (3) Faktor Keluarga, Tingkah laku peserta didik
didalam kelas merupakan pencerminan keadaan keluarganya. Sikap otoriter
orang tua akan tercermin dari tingkah laku pseserta didik yang agresif atau
apatis. (4) Faktor Fasilitas, Jumlah peserta didik dalam kelas, Kelas yang
jumlah peserta didik besar sulit untuk dikelola. (5) Ketersediaan alat Jumlah
buku yang kurang atau alat lain yang tidak sesuai dengan jumlah peserta didik
yang membutuhkannya akan menimbulkan masalah dalam pengelolaan kelas.
ketiga, dalam mencari solusi atau jalan keluar dari kendala atau masalah
dalam penerapan strategi pengelolaan kelas dengan meminimalisir masalah
yang terjadi, karena jika sebuah permalahan itu dari fasilitas dan dari faktor
guru atau yang lainnya maka bagaimana agar masalah tersebut bisa di
tanggulangi dengan baik.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang skripsi 2017) 112017184 Moh S
112017184
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112017184 Moh S
Penerbit
Pamekasan : STAIN Pamekasan.., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2017
Info Detail Spesifik
184
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?