PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

KEPATUHAN CUSTOMER SERVICE PADA STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BAITUT TAMWIL MUHAMMADIYAH (KSPPS BTM) SANG SURYA PAMEKASAN

Faridatus Aprilianti - Nama Orang;

Faridatus, Aprilianti 2017. Kepatuhan Customer Service Pada Standard
Operating Procedure (SOP) di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan
Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah (KSPPS BTM) Sang Surya
Pamekasan, Program Studi Perbankan Syari’ah Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri Pamekasan. Pembimbing: DR. R. Agoes Kamaroellah,
M.Si
Kata Kunci: Customer Service, Kepatuhan, dan Standard Operating Procedure
Pekerjaan customer service tidak mudah karena melayani nasabah
memerlukan keterampilan. Pekerjaan ini harus ditekuni dengan penuh
kemampuan, kecekatan, dan kesabaran. Tidak semua orang dapat menjadi
customer service seperti yang diinginkan perusahaan atau bank. SOP mengatur
bagaimana karyawan bekerja sesuai dengan langkah-langkah pekerjaan yang
mesti dilakukan agar kinerja dalam pekerjaan tersebut mendukung pencapaian
mutu kinerja organisasi secara keseluruhan, dan pada akhirnya mendukung
terciptanya produk barang atau jasa dengan mutu yang tinggi.
Berdasarkan hal tersebut, fokus dalam penelitian ini adalah: Pertama,
Bagaimana Standard Operating Procedure (SOP) Customer Service di Koperasi
Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah (KSPPS
BTM) Sang Surya Pamekasan? Kedua, Bagaimana Kepatuhan Customer Service
terhadap Standard Operating Procedure (SOP) di Koperasi Simpan Pinjam
Pembiayaan Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah (KSPPS BTM) Sang Surya
Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif, yang dalam hal ini menggunakan tiga teknik pengumpulan
data yaitu, teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti, menunjukkan bahwa:
Pertama, Standard Operating Procedure (SOP) Customer Service di Koperasi
Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah (KSPPS
BTM) Sang Surya Pamekasan yaitu; a) SOP di KSPPS BTM Sang Surya sesuai
dengan Standard umum lembaga keuangan syariah lainnya; Kedua, Kepatuhan
Customer Service terhadap Standard Operating Procedure (SOP) di Koperasi
Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah (KSPPS
BTM) Sang Surya Pamekasan yaitu; a) Tingkat pengukuran kepatuhan
sesungguhnya ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Langkah Pertama,
membangun suatu standart kinerja yang dilandasi untuk mencapai tujuan
organisasi. Kedua, mengukur kinerja yang sebenarnya telah dilakukan. Ketiga,
membandingkan kinerja nyata dengan standart kinerja yang ditentukan. Keempat,
mengambil tindakan yang diperlukan, artinya bila kinerja aktualnya lebih buruk
dari standart, maka perlu pemberitahuan kepada karyawan yang bersangkutan
untuk memperbaiki kinerjanya; b) SOP di KSPPS BTM Sang Surya sudah
berjalan dengan baik dan mencapai persentase sekitar 80%-90%; c) Customer
Service sudah mematuhi Standard Operating Procedure (SOP) yang ada di
KSPPS BTM Sang Surya Pamekasan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 312017207 Far K
312017207
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
312017207 Far K
Penerbit
Pamekasan : STAIN PAMEKASAN., 2017
Deskripsi Fisik
84 hlm, 21x29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PBS 2017
Info Detail Spesifik
207
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?