PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PAMEKASAN

ANINDA RESI AGUSTINI - Nama Orang;

ABSTRAK
Aninda Resi Agustini, 2017, Pelaksanaan Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Pamekasan, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah, M.Ag.
Kata kunci: instrumen penilaian portofolio, pendidikan agama Islam
Terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. pertama, bagaimana pelaksanaan penilaian portofolio dalam pembelajaran PAI di SMPN 1 Pamekasan; kedua, apa problematika penilaian portofolio dalam pembelajaran PAI di SMPN 1 Pamekasan; ketiga, bagaimana hasil penilaian portofolio dalam pembelajaran PAI di SMPN 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, siswa, dan kepala sekolah,. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, di SMPN 1 Pamekasan untuk menentukan bentuk dokumen atau hasil pekerjaan yang perlu dikumpulkan dalam penilaian portofolio yaitu kumpulan pekerjaan siswa dengan maksud tertentu dan terpadu yang diseleksi menurut panduan-panduan yang ditentukan. Penilaian portofolio ini berbasis kelas terhadap sekumpulan karya peserta didik yang tersusun secara sistematis dan terorganisir yang diambil selama proses pembelajaran dalam setiap satu tahun. Penilaian portofolio dilakukan oleh guru di sekolah juga dilakukan oleh orang tua di rumah dalam memantau perkembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik dalam mata pelajaran. Kedua, di SMPN 1 Pamekasan problematika penilaian portofolio memerlukan waktu dan kerja keras selama satu tahun bagi guru dibandingkan dengan penilaian lainnya. Guru dituntut untuk dapat memperhatikan setiap siswa secara induvidual, memantau perkembangan, mendorong agar mereka lebih banyak beraktivitas, mengumpulkan setiap pekerjaan siswa untuk diberikan komentar. Semua ini memerlukan waktu dan tenaga ekstra. Oleh karena itu, guru yang kurang memiliki motivasi yang kuat dalam menjalankan profesinya, dan akan sulit melaksanakannya penilaian model portofolio. Ketiga, di SMPN 1 Pamekasan setelah melakukan melakukan pengukuran dengan penilaian portofolio, siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan lancar, siswa dalam membaca Al-Qur’a siswa menggunakan makharijul huruf, ilmu tajwid yang benar, dan kelancaran. Siswa membiasakan membaca Al-Qur’an setiap hari. Dalam pengukuran dengan penilaian portofolio, siswa mampu mencapai indikator yang telah dirumuskan, dan mereka bisa melaksanakan dan menjadikan kebiasaan dalam kegiatan sehari-hari. Untuk hasil penilaian portofolio guru sebagai evaluator jika ada siswa yang belum mencapai tujuan yaitu dengan mengelompokkan di kelas antara siswa yang mampu menguasai dan belum mampu menguasai, kemudian guru memberikan dorongan dan motivasi agar mereka bersungguh-sungguh untuk mempelajari kembali agar semua siswa dapat menguasai materi pelajaran yang telah diajarkan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang skripsi PAI) 112017202 Ani P
112017202
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112017202 Ani P
Penerbit
Pamekasan : STAIN Pamekasan Press., 2017
Deskripsi Fisik
xii +77 hlm, 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2017
Info Detail Spesifik
202
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?