PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengembangan Aspek Psikomotorik Anak melalui pelatihan Qira’at di IPQAH (Ikatan Persaudaraan Qari’ dan Qari’at) Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan

Fathiyatul Jannah - Nama Orang;

ABSTRAK
Fathiyatul Jannah,2018, “Pengembangan Aspek Psikomotorik Anak melalui pelatihan Qira’at di IPQAH (Ikatan Persaudaraan Qari’ dan Qari’at) Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN). Pembimbing: Dr. H. Nor Hasan, M.Ag
Kata Kunci :Pengembangan Psikomotorik, Pelatihan Qira’at
Pengembangan Aspek Psikomotorik anak merupakan Proses untuk mengembangkan keterampilan Jasmaniah yang berhubungan dengan Anggota Tubuh atau tindakan yang memerlukan Koordinasi Syaraf dan otot baik yang memakai tangan, memakai kaki dan anggota Tubuh Lainnya.Untuk mengembangkan Aspek Psikomotorik tersebut diperlukan sebuah latihan secara terus menerus agar perkembangan keterampilan anak berkembang secara optimal. Pengembangan aspek psikomotorik anak tidak selalu dilakukan di lembaga Formal namun juga bisa dilaksanakan di Lembaga Non Formal. IPQAH (Ikatan Persaudaraan Qari’ dan Qari’at) sebagai Organisasi Keislaman yang bersifat Non formal menyediakan wadah bagi setiap anak untuk mengembangkan kemampuan Psikomotorik atau keterampilan yang ada dalam dirinya. Salah satu program unggulan yang berkaitan dengan pengembangan psikomotorik anak ialah Pelatihan Qira’at.
Permasalahan yang dikaji dalam Skripsi ini adalah :Pertama, Bagaimana Pelaksanaan Pelatihan Qira’at di IPQAH. Kedua, Bagaimana upaya Pengembangan Aspek Psikomotorik anak melalui Pelatihan Qira’at di IPQAH. Ketiga, Apa saja faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pengembangan Aspek Psikomotorik anak melalui Pelatihan Qira’at di IPQAH
Peneliti menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian Lapangan atau yang dikenal dengan Field Research. Dalam penelitian ini, peneliti dapat memperoleh data dan informasi melalui alat pengumpulan data yaitu metode Wawancara, Observasi dan Dokumentasi hingga memperoleh kesimpulan tertentu yang merupakan hasil dari jawaban Fokus Penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa :Pertama, Pelaksanaan Pelatihan Qira’at dilaksanakan setiap malam Senin untuk pembinaannya sedangkan setiap kamis sore diadakan sebuah penampilan untuk mengasah lebih dalam lagi kemampuan anak dalam belajar Qira’at. Peserta latihan ini berasal dari beberapa Desa yang ada di Pamekasan seperti Desa Sumedangan, Kangenan, Murtajih, Durbuk dan Proppo. Pelatihan Qira’at ini juga terbuka bagi semua kalangan usia, Yakni ada peserta yang berusia sekolah PAUD, TK, SD, SMP, SMA bahkan ada yang mahasiswa. Ada beberapa metode yang digunakan pelatih dalam proses pelatihan Qira’at. Diantaranya Metode Ceramah, Metode pemberian contoh dan Metode mengarang lagu. Kedua, Upaya yang dilakukan oleh pengasuh dan pelatih dalam Pengembangan aspek Psikomotorik anak melalui pelatihan Qira’at meliputi :(a) melakukan latihan secara Intensif, (b) Memberikan bimbingan dan pembinaan, (c) memberikan semangat dan motivasi, serta (d) Menyediakan Fasilitas yang memadai. Ketiga, Faktor pendukung dalam pengembangan aspek psikomotorik anak melalui pelatihan Qira’at yaitu : (a) Tersedianya fasilitas yang memadai, (b) Semangat anak didik untuk belajar Qira’at, (c) Dukungan dari orang tua, serta (d) Respon yang baikdari Masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi Adanya pengaruh dari teman sebaya sehingga menyurutkan semangat anak didik yang lain, serta ada beberapa bagian Masyarakat yang kurang merespon baik terhadap kegiatan pelatihan Qira’at yang dilaksanakan oleh IPQAH.





Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi PAI) 112018026 Fat P
112018026
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112018026 Fat P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2018
Deskripsi Fisik
68 hlm, 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
026
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?