PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Upaya Guru dalam Memberikan Penguatan (Reinforcement) terhadap Peserta Didik di Raudlatul Athfal Babul Ulum Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan

Lilik Kurratul Aini - Nama Orang;

A B S T R A K
Lilik Kurratul Aini. 2018. Upaya Guru dalam Memberikan Penguatan (Reinforcement) terhadap Peserta Didik di Raudlatul Athfal Babul Ulum Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Dosen Pembimbing: R. Taufikurrahman, M.Pd.I.

Kata Kunci: Upaya Guru, Penguatan (Reinforcement).
Ada tiga permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana upaya guru dalam memberikan penguatan (reinforcement) terhadap peserta didik di Raudlatul Athfal Babul Ulum? (2) Apa saja kendala guru dalam memberikan penguatan (reinforcement) terhadap peserta didik di Raudlatul Athfal Babul Ulum? (3) Bagaimana solusi atas kendala guru dalam memberikan penguatan (reinforcement) terhadap peserta didik di Raudlatul Athfal Babul Ulum Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Kepala dan Guru Raudlatul Athfal Babul Ulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif-kualitatif.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Upaya guru dalam memberikan penguatan (reinforcement) terhadap peserta didik di Raudlatul Athfal Babul Ulum: Pertama, penguatan verbal berupa kata-kata pujian, seperti: baik, bagus, tepat, saya sangat menghargai pendapatmu, pikiranmu sangat cerdas, dan sebagainya. Kedua, penguatan nonverbal berupa: sikap seperti suara, mimik, dan gerak badan, dan sebagainya; gerak isyarat seperti anggukan atau gelengan kepala, senyuman, kerut kening, acungan jempol, wajah mendung, wajah cerah, pandangan yang sejuk atau tajam; mendekati dan menyentuh seperti berdiri di samping siswa, duduk dekat siswa atau kelompok siswa, berjalan di sisi siswa, memegang pundak siswa, dan sebagainya. (2) Kendala guru dalam memberikan penguatan terhadap peserta didik adalah: terlalu sempitnya waktu, situasi kelas yang kurang kondusif, dan keterbatasan tenaga pengajar. (3) Solusi atas kendala guru dalam memberikan penguatan terhadap peserta didik berupa sempitnya waktu adalah dengan menerapkan pemberian penguatan secara verbal saja sehingga guru tidak perlu kesana-kemari yang memakan waktu. Solusi atas kendala situasi kelas yang kurang kondusif adalah dengan jalan bercerita sehingga suasana kelas kembali tenang dan kondusif, meskipun hal itu sebenarnya juga mengurangi peluang untuk memberikan penguatan, sebab siswa bersifat pasif saat mendengarkan cerita. Sedangkan solusi atas kendala keterbatasan jumlah tenaga pengajar adalah dengan menertibkan kelas terlebih dahulu, seperti mengabsen siswa, menanyakan kesehatan siswa, dan sebagainya. Tetapi hal itu sebetulnya masih kurang maksimal karena di sela-sela itu pasti ada siswa yang sulit ditertibkan, sehingga penambahan guru tiap kelas merupakan suatu keharusan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 112018156 Lil U
112018156
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112018156 Lil U
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2018
Deskripsi Fisik
63 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI
Info Detail Spesifik
156
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?