PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V DI MI. NURUL HIKMAH KARANG PENANG ONJUR KARANG PENANG SAMPANG

ABD. GHAFFAR - Nama Orang;

Abd. Ghaffar, 2018. Penerapan Pembelajaran Kontektual Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas V di MI. Nurul Hikmah KarangPenang Onjur Karang Penang Sampang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Dosen Pembimbing : Dr. H. Nor Hasan, M.Ag.


Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Aqidah Akhlak.

Pemahaman terhadap metode pembelajaran merupakan salah satu persyaratan bagi seorang tenaga pendidik yang professional. Strategi pembelajaran kontekstual merupakan salah satu strategi yang ada dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bagi guru-guru khususnya guru aqidah akhlak penguasaan terhadap metode pembelajaran kontekstual sangatlah diperlukan guna memperbaiki dan memperbarui metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan jaman untuk menyiapkan generasi penerus Islam yang akan hidup dijamannya, sehingga penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kontekstual mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI. Nurul Hikmah Karang Penang Sampang. Dengan menggunakan pembelajaran kontekstual diharapkan dapat membantu guru dalam menanamkan nilai-nilai aqidah dan akhlak. Fokus dalam penelitian ini adalah 1).Bagaimana strategi guru menggunakan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas V di MI. Nurul Hikmah? 2). Faktor-faktor apa saja yang menunjang dan menghambat pembelajaran kontekstual mata pelajaran aqidah akhlak dan cara pemecahannya di MI. Nurul Hikmah?
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk : Pertama Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual mata pelajaran Aqidah Akhlak kela V di MI. Nurul Hikmah, kedua Mendeskripsikan faktor-faktor yang menunjang dan menghambat penerapan pembelajaran kontekstual mata pelajaran aqidah akhlak kela V di MI. Nurul Hikmah, dalam menganalisis data, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi subyek penelitian dalam skripsi ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Urusan Kurikulum guru mata pelajaran aqidah akhlak dan siswa. Sedangkan pengumpulan penelitian menggunakan (1) observasi (2) wawancara / interview dan (3) dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual mata pelajaran aqidah akhlak kelas V di MI. Nurul Hikmah Karang Penang Sampang sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaannya tidak lepas dari peran serta segenap guru dan tenaga pendidikan yang selalu mendukung dan memperlancar aktivitas kegiatan belajar mengajar khususnya pengajaran aqidah akhlak. Dengan pelaksanaan pembelajaran kontekstrual di MI. Nurul Hikmah Karang Penang Sampang. Dimana strategi pembelajaran kontekstual adalah salah satu strategi yang ada dalam KTSP 2006. Silabus dan rencana pembelajaran menekankan pada tujuan yang ingin dicapai sedangkan pembelajaran kontekstual menekankan pada skenario pembelajaran yang dikembangkan sendiri oleh guru. terbatasnya sumber pembelajaran dan perubahan paradigma kurikulum lama ke kurikulum baru. Solusi dan pemecahan yang diupayakan menambah sumber pembelajaran dan sosialisasi perkembangan kurikulum.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 112018260 Abd P
112018260
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112018260 Abd P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2018
Deskripsi Fisik
82 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2018
Info Detail Spesifik
260
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?