PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

METODE YANG DIGUNAKAN GURU AL-QUR’AN HADIST DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI MTs NASYIATUS SYUBBAN TOBUNGAN GALIS PAMEKASAN

Kadarisman - Nama Orang;

Kadarisman, 2018, Metode Yang Digunakan Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Membaca Al-Quran di MTs Nasyiatus Syubban Tobungan Galis Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbaiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Dr.s H. Mohammad Hasan M.Ag

Kata Kunci : Metode Guru, Kesulitan Belajar
Dalam penelitian ini, ada dua fokus yang penulis teliti, yaitu: pertama, apa metode yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa membaca Al-qur’an di MTs Nasyiatus Syubban Tobungan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan; kedua, Apa saja faktor yang menjadi penyebap kesulitan belajar siswa dalam menbaca Al-qur’an di MTs Nasyiatus Syubban Tobungan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan;
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah kepala madrasah, guru,dansiswa-siswi MTs Nasyiatus Syubban. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama,Adapunmetode yang digunakan guru Al-Qur’an hadist untuk mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an di Mts Nasyiatus Syubban. Yaitu ada dua cara, 1. Metode private yaitu pembelajaran secara berhadapan langsung dengan guru dimana dalam metode private ini lebih menitik beratkan kepada siswa untuk selalu mengingat. Sehingga siswa sedikit demi sedikit minimal tahu huruf-huruf dan menyambung kalimat di dalam Al-Qur’an. 2. Metode Hafalan dengan cara hafalan siswa dapat banyak mengingat bacaan Al-Qur’an yang diberikan. Jadi ada dua metode dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an yaitu private dan hafalan (make a macth). Adapun solusi dalam mengatasi kesulitan belajar. Solusinya dengan cara mengidentifikasi masalah yang dialami siswa dan membantu mengatasi masalah tersebut serta mendorong anak untuk selalu cinta Al-Qur’an cinta Al-Qur’an dan Al-Qur’an. Dalam penerapan metode ini tidak menemukan kesulitan hanya yang menjadi kesulitan apakah siswa itu mau atau tidak untuk belajar Al-Qur’an. Kedua, Adapun faktor yang menjadi penyebap kesulitan belajar siswa dalam menbaca Al-qur’an di MTs Nasyiatus Syubban, yaitu: 1. Faktor internal siswa meliputi gangguan atau kekurangmampuan psiko-fisik siswa. 2. Faktor ekstern siswa meliputi semua situasi dan kondisi lingkungan sekitar yang tidak mendukung aktifitas belajar siswa, faktor ini dapat dibagi menjadi tiga macam, linkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 112018294 Kad M
112018294
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112018294 Kad M
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2018
Deskripsi Fisik
61 hlm, 21x29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2018
Info Detail Spesifik
294
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?