PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Upaya peningkatan prestasi belajar PAI pada materi shalat berjamaah dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual (CTL) pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan

ALIF SEPTIANA FAJRIN - Nama Orang;

ABSTRAK
Alif Septiana Fajrin, 2018, Upaya peningkatan prestasi belajar PAI pada materi shalat berjamaah dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual (CTL) pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan, Skripsi Program Studi PAI Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Drs. Zainol Hasan, M.Ag
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Shalat Berjamaah
Dalam penelitian ini, ada tiga fokus yang penulis teliti, yaitu: pertama, bagaimana pemahaman siswa terhadap materi shalat berjamaah sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual di kelas VII SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan; kedua, bagaimana pemahaman siswa terhadap materi shalat berjamaah setelah menggunakan model pembelajaran kontekstual di kelas VII SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan; ketiga, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penggunaan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes akhir. Informannya adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif , dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pemahaman materi shalat
sebelum mengunakan model pembelajaran kontekstual di SMP Negeri 3 nilai rata-rata dibawah KKM. Nilai rata-rata kelas VIIB, 6 siswa yang mampu mencapai tingkat penguasaan materi 47 % mencapai nilai 71-100 dan 15 siswa 53% yang mencapai nilai dibawah 71, padahal standar ketuntasan minimal yang ditentukan oleh SMPN 3 Pademawu adalah 71 dengan ketuntasan belajar 65%. Nilai rata-rata yang dicapai siswa kelas VIIB SMPN 3 Pademawu hanya mencapai 63,00 nilai rata-rata yang jauh dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Kedua, pemahaman siswa terhadap materi shalat berjamaah setelah menggunakan model pembelajaran kontekstual yaitu, model kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar materi shalat berjamaah pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan. Penerapan pembelajaran model Kontekstual telah memberikan hasil belajar yang lebih tinggi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pademawu Pamekasan, hal ini dapat terlihat dari hasil tes yang dilakukan. Dalam praktik pembelajaran, siswa lebih aktif dan konsentrasi saat melakukan percobaan, siswa berpikir kritis dalam menyimpulkan materi shalat berjamaah dengan baik, dan peneliti dapat berperan aktif dalam membimbing siswa dalam percobaan. Ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi dalam model pembelajaran kontekstual yaitu; 1). Faktor guru, guru perlu memahami tipe belajar dalam dunia siswa, artinya guru perlu menyesuaikan gaya mengajar terhadap gaya belajar siswa. Faktor siswa, proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh perkembangan anak yang tidak sama. Misalnya tingkat kemampuan yang berbeda, ada yang tingkat tinggi, menengah, dan rendah. 3). Faktor sarana dan prasarana, misalnya kelengkapan sarana dan prasarana maka proses pembelajaran akan berjalan sesuai yang diinginkan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (PAI 2018) 112018306 Ali U
112018306
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112018306 Ali U
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2018
Deskripsi Fisik
xii+82 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2018
Info Detail Spesifik
306
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?