PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN METODE BELAJAR KELOMPOK (COOPERATIVE LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI M.A PONPES AL-AMEIN PRENDUAN SUMENEP MADURA

AGUS MOBDI - Nama Orang;

ABSTRAK

Agus Mobdi, 2018, Penerapan Metode Belajar Kelompok (Cooperative Learning) Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq di M.A Al-Amein Prenduan Sumenep Madura, Skripsi, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

,Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Dr Mohammad Kosim, S.Ag
Kata Kunci: Penerapan Metode, Belajar Kelompok, Aqidah Akhlaq.

Sekolah sebagai salah satu institusi pendidikan diharapkan mampu membentuk manusia sosial yang dapat bergaul dengan sesama manusia sekalipun dari latar belakang yang berbeda-beda dan dalam situasi sosial yang berbeda-beda, dan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh sekolah untuk menciptakan manusia-manusia berakhlaq mulia yang dapat bersosialisasi dengan baik kepada orang lain ialah dengan menciptakan suasana belajar yang mengarah pada akhlaqul karimah, agar dapat menumbuhkan sikap dan prilaku yang baik dari segi apapun seperti halnya pembicaraan santri yang santun dan salah satunya dapat ditempuh dengan menggunakan penerapan metode belajar kelompok secara kooperatif yang bertujuan untuk menciptakan suasana baru dalam kegiatan belajar mengajar, dan sekaligus dapat menumbuhkan akhlaq yang mulia bagi santri..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1. menggunakan penerapan metode belajar kelompok sangat baik dan cukup memuaskan dalam rangka menanamkan serta menumbuhkan rasa keikhlasan, perjuangan dalam berbagai cermin dari tauhid dan aqidah yang benar dan kokoh.
Penerapan metode belajar kelompok memberikan pelatihan sendiri bagi guru dalam mengatur siswa-siswanya untuk membentuk suatu kelompok dengan keadaan yang kondisi dan kondusif sebagaimana Langkah-langkah yang di tempuh dalam penerapan metode belajar kelompok di MA Al-Amein Prenduan yaitu:
a. Guru membentuk berbagai macam kelompok.
b. Pemberian tugas pada setiap kelompok dengan judul yang berbeda-beda.
c. Siswa mengerjakan tugas dari guru sesuai judul yang diberikan.
d. Guru mengontrol setuasi belajar kelompok siswa serta memberikan arahan yang di anggap perlu.
e. Guru menyuruh masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok.
f. Guru memberikan nilai dan penghargaan terhadap hasil kerja kelompok yang terbaik.
2. hambatan penerapan metode belajar kelompok adalah,
a. Kurangnya pemahaman guru dalam menerapkan model belajar kelompok secara kooperatif.
b. Kurangnya sosialisasi yang di berikan oleh guru terhadap siswa terkait dengan bagaimana cara siswa membangun kerjasama yang baik dalam kelompok.
c. Kurangnya pemanfaatan media oleh beberapa guru yang background pendidikannya bukan dibidang pendidikan aqidah akhlaq.
d. Minimnya jam pelajaran yang diberikan untuk materi aqidah akhlaq yang dirasakan kurang oleh siswa karena mengingat betapa pentingnya akhlaq dalam kehidupan sehari-hari.
e. Jumlah dan komposisi siswa dalam kelompok yang terbilang banyak sehingga guru kurang bisa mengawasi secara penuh kepada siswa-siswanya.
penerapan metode belajar kelompok untuk materi aqidah akhlaq yang disebabkan karena baground pendidikan yang berbeda sehingga kelas yang diampu oleh guru yang pemahamannya kurang terhadap metode belajar kelompok dalam pelaksanaannya, seperti pembagian kelompok yang kurang merata dan jumlahnya yang berlebih sehingga kurang bisa dikontrol secara penuh oleh guru dan guru cenderung membiarkan siswa yang pintar mendominasi dari yang lain sehingga dalam KBM ada beberapa siswa yang diam dan kurang aktif sehingga tertinggal dari yang pintar.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (R SKRIPSI PAI 2018) 112018332 Agu M
112018332
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112018332 Agu M
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2018
Deskripsi Fisik
xv+71 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2018
Info Detail Spesifik
332
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?