PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MANDIRI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII MTS NAHDLATUN NASYIIN BATU BINTANG BATU MARMAR PAMEKASAN

Samhaji - Nama Orang;

ABSTRAK

Samhaji, 2018 “Penggunaan Strategi Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas VIII MTs Nahdlatun Nasyiin Batu Bintang Batu Marmar Pamekasan. Skripsi, Program Studi Ilmu Pengethuan Sosial, Jurusan tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Abd. Ghofur, M. Pd.

Kata kunci : strategi pembeljaran mandiri dan prestasi belajar siswa
Kondisi faktual yang terjadi dilapangan, dalam proses belajar mengajar, pembelajaran masih didominasi oleh guru (teacher centred). Siswa tidak banyak memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya, tidak dapat berfikir kritis. Guru menjadi satu-satunya ujung tombak dan menjadi pengendali kegiatan proses belajar mengajar, sehingga siswa menjadi siswa yang pasif. Pembelajaran seperti itu seharusnya sudah ditinggalkan dan buutuh sebuah strategi yang dapat mengembangkan aktivitas belajar siswa yaitu strategi pembelajaran mandiri. Strategi belajar mandiri merupakan kondisi aktivitas belajar yang mandiri tidak tergantung orang lain, memiliki kemampuan,  serta bertanggung jawab sendiri dalam menyelesaikan masalah belajarnya. Akan tetapi terkadang masih banyak permasalahan yang terjadi dilapangan seperti minimnya pengetahuan guru keterbatasan sumber belajar, alokasi waktu yang ditentukan serta motivasi belajar siswa yang lemah.
Fokus penelitian sebagai berikut: Bagaimanakah guru menggunakan strategi pembelajaran mandiri dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII MTs Nahdlatun Nasyiin Batu Bintang Batu Marmar Pamekasan ? Faktor faktor apa saja yang dapat mendukung dan menghambat penggunaan strategi pembelajaran mandiri oleh guru dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII MTs Nahdlatun Nasyiin Batu Bintang Batu Marmar Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis diskriftif dengan instrumen yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara yang berkenaan dengan penggunaan strategi pembelajaran mandiri.
Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan strategi pembelajaran mandiri mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Nahdlatun Nasyiin Batu Bintang Batu Marmar Pamekasan berjalan baik. Hal ini dibuktikan dengan pembelajaran dimulai dengan penetapan tujuan pembelajaran dan menetapkan langkah-langkah untuk menetapkan tujuan pelajaraan tersebut. Selanjutnya guru membimbing siswa untuk membuat rencana dengan baik, memberi kesempatan mengajukan pertanyaan, mengumpulkan dan menganalisis informasi, serta merangsang berfikir kritis siswa. Guru bertindak sebagai fasilitator yang memberikan bimbingan dan selanjutnya siswa bekerja secara mandiri sesuai dengan yang diberikan. Siswa mencari informasi dari berbagai sumber yang relevan dengan tugas tersebut. Siswa lebih aktif dan memiliki semangat lebih tinggi dari sebelumnya. Faktor faktor yang dapat mendukung dan menghambat penggunaan strategi pembelajaran mandiri oleh guru mata pelajaran IPS siswa kelas VIII MTs Nahdlatun Nasyiin Batu Bintang Batu Marmar Pamekasan adalah kemampuan guru menguasai materi pelajaran serta motivasi yangg ada pada diri siswa itu sendiri. Adapun faktor penghambat yang sering dihadapi adalah terbatasnya alokasi waktu serta minimnya sumber belajar yang ada disekolah.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 182019004 Sam P
182019004
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182019004 Sam P
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2019
Deskripsi Fisik
21 x 29.5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2019
Info Detail Spesifik
004
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?