PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PROBLEMATIKA USTADZ DALAM MENGAJAR FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH DINIYAH WUSTHO MIFTAHUL ULUM KEBUN BARU PALENGAAN PAMEKASAN

MOH. RUSLIADI - Nama Orang;

ABSTRAK

Moh. Rusliadi, 2017, Problematika Ustadz Dalam Mengajar Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Wustho Miftahul Ulum Kebun Baru Palengaan Pamekasan. Skripsi, program studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Edi Susanto, M. Fil.I

Kata Kunci: Problematika Ustadz, Mengajar, Pembelajaran Fiqih
Pendidikan adalah penentu dimana seseorang akan menjalani kehidupannya. Dengan pendidikan diharapkan seseorang mampu menjadi manusia yang dapat menciptakan perbaharuan serta perbaikan-perbaikan.Allah juga memerintah umatnya untuk mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan ajaran agama Islam, dan hal tersebut didapatkan dari pendidikan agama Islam. Dalam pembelajaran Fiqih banyak sekali ditemukan problematika dalam kegiatan belajar mengajar. Problem tersebut ditemukan dari beberapa sektor, baik siswa, Kurikulum dan sarana dan prasarana
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Apa saja problem yang dihadapi ustadz dalam Mengajar Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Wustho Miftahul Ulum Kebun Baru Palengaan Pamekasan, serta langkah-langkah yang dilakukan oleh ustadz dalam mengatasi problem Mengajar Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Wustho Miftahul Ulum Kebun Baru tersebut.
Penelitian yang dilakukan dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan untuk mengumpulkan datanya selain menggunakan data kualitatif juga dilakukan metode observasi (pengamatan), metode intervew (wawancara) dan metode dokumentasi.
Dalam kegiatan belajar mengajar fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Wustho Miftahul Ulum Kebun Baru ditemukan permasalahan pada peserta didik yaitu kurangnya ruangan kelas sebab perbaikan sekolah,. Kurikulum yang dipakai di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Wustho Miftahul Ulum Kebun Baru adalah Mengikuti kurikulum di pondok Pesantren Sidogiri Kraton Pasuruan yang notabelnya adalah murni sekolah diniyah, sedangkan di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Wustho Miftahul Ulum Kebun Baru masih terdapat sekolah Ammiyah ( Sekolah Pagi ). Jadi waktu kegiatan belajar mengaja tidak sama.kurikulum di pondok Pesantren Sidogiri Kraton Pasuruan menggunakan metode Al- miftah ( metode membaca kitab dengan cepat) untuk kelas IV dan V, yang maksimalnya satu kelas berisi 20 orang, sedangkan untuk kelas IV dan V terbagi menjadi 2 rombel yang berisi murid lebih dari.Langkah-langkah yang dilakukan oleh ustadz untuk mengatasi problem Mengajar Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Wustho Miftahul Ulum Kebun Baru antara lain: Selama renovasi sekolah masih belum selesai maka langkah yang harus dilakukan adalah menggunakan fasilitas masjid untuk ditempati sekolah, mengadakan jam tambahan di waktu malam untuk mengatasi kekurangan jam yang ada. Apabila diwaktu kegiatan belajar mengajar siangnya sudah cukup maka pada waktu malamnya di isi dengan jam belajar dan musyawaroh, untuk mengatasi problematika guru dalam mengajar Al-miftah. Opsi yang pertama adalah mendelegasikan ustadz untuk mengikuti diklat pelajaran Al-Miftah ke pondok Pesantren Sidogiri Kraton Pasuruan.opsi yang kedua adalah memecah kelas menjadi 3 rombel yang masing masing kelas berisi murid maksimal 15 orang untuk mempecepat membaca kitab.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 112018365 Moh P
112018365
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112018365 Moh P
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2018
Deskripsi Fisik
ix+57 hlm.; 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2018
Info Detail Spesifik
365
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?