PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

MEMAHAMI PENDIDIKAN ISLAM INKLUSIF-PLURALIS DALAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID SEBAGAI UPAYA MENANGKAL RADIKALISME DALAM PEMIKIRAN ISLAM

Mawardah - Nama Orang;

Abstrak
Mawardah, 2019, Memahami Pendidikan Islam Inklusif-Pluralis Dalam Perspektif Nurcholish Madjid Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme Dalam Pemikiran Islam, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha M.Pd.I.
Kata kunci: Pendidikan Islam, Inklusif-Pluralis, Pluralisme Agama, Toleransi, Kebesan Beragama, Universalisme Islam, dan Nurcholish Madjid.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya corak pemahaman eksklusif yang bertendensi pada radikalisme aksi terror, maupun kekerasan lainnya, seperti munculnya Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) telah menyebabkan krisis kemanusiaan yang begitu serius. Peristiwa itu, juga menggoreskan namanya didalam buku harian bangsa Indonesia, Kondisi seperti ini dirasa penting untuk ditanggulangi, dengan mereaktualisasi pendidikan Islam yang inklusif-pluralis. Seorang cendikiawan muslim dan pemikir modernis Nurcholish Madjid yang berusaha untuk membangun masyarakat Indonesia yang damai dan toleran terhadap perbedaan dipandang penting untuk dipelajari pemikirannya dan ditanamkan kepada setiap individu termasuk dalam ranah pendidikan. Dengan konsep yang diusung oleh Nurcholish Madjid tersebut, penulis berusaha untuk menggali lebih dalam lagi mengenai konsep pendidikan Islam inklusif-pluralis dalam bentuk penelitian ilmiah dengan rumusan masalah yaitu; bagaiama deskripsi konsep pendidikan Islam inklusif-pluralis dalam perspektif Nurcholish Madjid? Bagaiaman gambaran kontribusi pemikiran Islam-inklusif pluralis Nurcholish Madjid dapat meredam radicalisme dalam pemikiran Islam?, apa sajakah kontribusi pemikiran Islam inklusif-pluralis Nurcholish Madjid terhadap pendidikan Islam di Indonesia?.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library reseach). Dengan sumber data primer karya Nurcholish Madjid, dan didukung dengan data sekunder yang berkaitan dengan pemkiran Nurcholish Madjid.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menganalisis isi peneliti menemukan pemikiran pendidikan Islam inklusi-pluralis dalam perspektif Nurcholish Madjid yaitu; a) Pendidikan harus mampu menanamkan nilai-nilai kemanusiaan (humanisme), b) Menumbuhkan pemahaman keagamaan yang inklusif, pluralis, dan toleran dengan memahami kajian-kajian keislaman termasuk melakukan studi keagamaan. c) Berpegang pada konsep kalimatun sawa’ (common platform), yaitu titik simpul persamaan atau titik temu agama-agama, dan universalisme Islam serta dialog antar agama. Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, apabila pemikiran pendidikan Islam inklusif-pluralis Nurcholish Madjid tersebut diatas diterapkan dalam sistem pendidikan maka dianggap mampu menangkal radikalisme dalam pemikiran Islam. Terahir, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa hal terkait kontribusi pemikiran Nurcholish Madjid terhadap pendidikan Islam di Indonesia yaitu, pendidikan humanis, inklusif-pluralis, dan pendidikan deradikalisasi. Kesemuanya itu merupakan kontribusi Nurcholish Madjid dari pemikiran inklusifnya yang sangat terbuka terhadap perbedaan dan misinya dalam masalah keummatan untuk membawa Indonesia yang damai tanpa perpecahan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 112019065 Maw M
112019065
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112019065 Maw M
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2019
Deskripsi Fisik
xi+134 hlm.; 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PAI 2019
Info Detail Spesifik
065
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?