PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

KUALITAS PELAYANAN JASA SERVICE MOBIL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI BENGKEL ABU NAWAS OMBEN SAMPANG

Samsul Arifin - Nama Orang;

ABSTRAK
Samsul Arifin, 2019, Kualitas Pelayanan Jasa Service Mobil dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Perspektif Ekonomi Islam di Bengkel Abu Nawas Omben Sampang, Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing : H.Wadhan, M.Si

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Jasa Service, Kepuasan Pelanggan, Ekonomi Islam

Pelayanan adalah setiap kegiatan dan manfaat yang dapat diberikan kepada pihak ke pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak perlu berakibat kepemilikan tertentu. Memberikan pelayanan terbaik dibutuhkan kesungguhan yang mengandung unsur kecepatan, keramahtamahan, keamanan, dan kenyamanan yang berintegrasi sehingga manfaatnya besar. Kepuasan konsumen menjadi sangat penting karena pada kenyataannya yang ada, konsumen yang tidak puas terhadap pelayanan jasa yang didapatkan cenderung akan mencari penyedia layanan jasa yang lain yang mampu memuaskan kebutuhannya. sebagai orang muslim jika ingin menjalankan usaha seharusnya tetap berdasarkan agama Islam, begitupun dengan pelayananan yang kita berikan kepada konsumen atau pelanggan harus sesuai dengan syari’at Islam.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan jasa service di bengkel Abu Nawas dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Kemudian, pelayanan jasa service di bengkel Abu Nawas dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dideskripsikan perspektif ekonomi Islam.
Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara (interview). Selanjutnya data yang dikumpulkan disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yakni mengumpulkan data tentang pelayanan jasa service mobil dalam meningkatkan pelanggan ditinjau ekonomi Islam di Desa Omben Kecamatan Omben Kabupaten Sampang yang disertai analisis untuk diambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa yang pertama menunjukkan bahwa Pelayanan di bengkel Abu Nawas meliputi Bekled, Pengecatan, Totok Body, Las, Reparasi Mobil, service mesin. Bengkel Abu Nawas mengutamakan penerapan sikap ramah dan sopan dan tanggap untuk pekerjanya pada pelanggan yang datang bengkel Abu Nawas Omben Sampang menerapkan (CAPTER) yang berarti kepatuhan, jaminan, keandalan, bukti fisik, empati, dan daya tanggap untuk memberikan kepuasan pelanggan dan peningkatkan terhadap kemajuan bengkel kedepan.Kedua, pelayanan jasa service mobil dalam meningkatkan kepuasan pelanggan sudah memenuhi pelayanan jasa yang baik sesuai dengan ekonomi Islam. Akan tetapi dalam hal waktu pelayanan service dalam ketepatan waktu perbaikan sering mengalami kemoloran dari perjanjian awal sehingga tidak sesuai dengan pernyataan karyawan dalam ketepatan waktu yang telah disepakati. Tetapi kemoloran bukan dengan disengaja. Akan tetapi, faktor alam yang terkadang tidak normal, jika musim hujan makan pengecatan pada body mobil akan lebih lama kering dan kurangnya bahan atau sparepart mesin di bengkel.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 322019059 Sam K
322019059
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
322019059 Sam K
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2019
Deskripsi Fisik
xiii+115hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI ES 2019
Info Detail Spesifik
059
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?