PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN RELATIONSHIP MARKETING DALAM MEMPERTAHANKAN ANGGOTA DI BAITUL MAL WA AT- TAMWIL USAHA GABUNGAN TERPADU (BMT UGT SIDOGIRI) CABANG PEMBANTU TLANAKAN

Nurul Fitriyah - Nama Orang;

ABSTRAK

Nurul Fitriyah, 2019, Penerapan Relationship Marketing dalam mempertahankan Anggota Di Baitul Mal Wa At-Tamwil (BMT UGT) Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembimbing: Moch. Cholid Wardi, M.HI
Kata Kunci: Penerapan, Relationship Marketing, Anggota
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapn Relationship Marketing dalm mempertahankan anggota dengan mengacu pada proses pelaksanaan pamasaran yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri cabang pembantu Tlanakan. Serta merekomendasikan hal-hal yang dapat mendukung pelaksanaan Relationship Marketing agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan menggunakan data wawancara/interview, dokumentasi dan observasi. Dan tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan cara mendeskripsikan data. Tehnik pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelaksanaan Relationship Marketing menjadi solusi dalam mengembangkan anggota di BMT UGT Sidogiri cabang pembantu Tlanakan dengan terus berhubungn baik dengan anggota serta memberikan pelayanan yang baik. Selain itu terus menjaga komunikasi dengan anggota bisa dimulai dari ruang lingkup paling kecil yaitu lingkungan kerja dengan terus menjaga solidaritas dan saling menghormati satu sama lain. Lingkungan kerja akan sangat efektif ketika adanya pembagian tugas masing-masing berdasarkan strukturisasi. sehingga antara satu dengan yang lain akan sangat mudah dalam menyelesaikan beban yang diberikan kepada masing-masing karyawan. Selain itu peran Relationship Marketing dalam mempertahankan anggota dapat meningkatkan jumlah anggota, meningkatkan loyalitas anggota terhadapa BMT UGT Sidogiri serta meningkatkan jumlah pendapatan yang diperoleh melalu pengurangan jumlah biaya pemasaran. Adapun faktor yang dapan mendorong pelaksaan Relationship adalah adanya data bese anggota, perkembangan teknologi serta promosi yang dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri. Berbeda dengan faktor yang dapat menghambat pelaksanaan Relationship merketing yaitu jarak anggota dengan lokasi usaha, kondisi ekonomi dan anggota yang tak mau menjalin hubungan baik dengan BMT UGT Sidogiri.




Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 312019093 Nur P
312019093
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
312019093 Nur P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2019
Deskripsi Fisik
xi+128 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PBS 2019
Info Detail Spesifik
093
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?