PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

ETIKA BISNIS ISLAM MENURUT AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA’ ULUMUDDIN

SITI ZULAIKHA - Nama Orang;

ABSTRAK
Siti Zulaikha, 2019, “Etika Bisnis Islam Menurut Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin”, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Sakinah, M.E.I.

Kata Kunci :Etika, Bisnis Islam, al-Ghazali, Ihya’ Ulumuddin.
Masalah etika dalam berbisnis sangat diperlukan oleh para pelaku bisnis ditengah kondisi perdagangan bebas seperti saat ini. Isu etika bisnis nampaknya selalu berkembang dan seharusnya diimbangi dengan norma-norma yang sesuai dengan ajaran Islam. Tugas para paka rekonomi untuk mencari sistem ekonomi alternative yang bisa mengatasi masalah-masalah tersebut. Satu-satunya adalah dengan cara melihat kembali etika bisnis Islam yang dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang. Salah satutokoh yang pemikirannya bias dijadikan rujukan dalam etika bisnis Islam adalah al-Ghazali. Al-Ghazali dalam kitabnya menyebutkan bahwa setiap orang yang melakukan bisnis harus adil, baik, dan takwa. Dalam konteks di atas, masalah yang dikaji merumuskan sebagai berikut; pertama, bagaimana etika bisnis Islam menurut al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin? Kedua, apa saja etika bisnis Islam yang baik menurut al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin?.
Metode penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan menggunakan sosiohistoris. Sumber data primernya adalah kitab Ihya’ Ulumuddin dan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini serta data skunder yang peneliti ambil dari karya-karya tokoh lain yang masih ada kaitannya dengan penelitian ini. Prosedur pengumpulan datanya menggunakan kepustakaan, dan metode dokumentasi, sedangkan analisis data, peneliti menggunakan analisis isi.
Pengkajian dan pembahasan, baik secara teoritis maupun empiris mengenai pemahaman etika bisnis Islam menurut al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin penulis memberikan kesimpulan bahwa : al-Ghazali adalah salah satu tokoh besar Islam yang memiliki peran penting dalam perkembangan dunia Islam. Ihya’ Ulumuddin adalah salah satu kitab al-Ghazali yang sangat monumental dan hingga saat ini masih menjadi acuan kajian teori hukum Islam, yang mana salah satu yang di bahasnya adalah mengenai etika dalam berbisnis. Etika bisnis Islam menurut al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin adalah akhlak yang baik yang harus diikut sertakan dalam aktivitas bisnis, seperti mencari rizki dengan cara yang halal, adil, dapat berbuat baik dalam berbisnis, dan juga memiliki sifat takwa. Karena kegiatan bisnis bukan hanya sekedar mencari keuntungan melainkan mencari keberkahan, dengan cara memantapkan diri dalam berusaha dengan memperoleh keuntungan yang wajar dan memperoleh ridho Allah. Dalam bisnis harus diikut sertakan etika dalam berbisnis agar bisnis yang di jalaninya sesuai dengan tuntutan Islam serta tidak dapat merugikan pihak lain. Etika bisnis yang baik menurut al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin adalah setiap manusia yang melakukan bisnisnya didasarkan pada kejujuran, dapat berbuat adil kepada sesama manusia, melakukan persaingan yang sehat, dan takwa selalu mengingat Allah (dzikir) dalam melakukan setiap aktivitas bisnisnya.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 322019097 sit E
322019097
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
322019097 sit E
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2019
Deskripsi Fisik
x+72 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI ES 2019
Info Detail Spesifik
097
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?