PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI SISTEM STANDAR MUTU LAYANAN KONSELING SISWADI MTs MIFTAHUL ULUM DABUAN, TLANAKAN, PAMEKASAN

QUFRON HAMDU - Nama Orang;

ABSTRAK

Qufron Hamdu, 2019, Implementasi Sistem Standar Mutu Layanan Konseling Siswa di MTs Miftahul Ulum Dabuan, Tlanakan, Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing : Fathol Haliq, M.Si.

Kata Kunci : Standar Mutu, Layanan Konseling Siswa
Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan.Untuk mendapatkan mutu pendidikan yang baik, maka layanan bimbingan dan konseling juga harus bermutu baik.Artinya, jika ingin meningkatkan mutu pendidikan, mutu dari layanan bimbingan dan konseling juga harus ditingkatkan.Dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling itu sendiri terdapat kriteria-kriteria atau standar mutu yang harus ada dan terpenuhi agar layanan konseling dapat dikatakan berjalan dengan baik dan bermutu.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana implementasi standar mutu layanan konseling siswa di MTs Miftahul Ulum Dabuan Tlanakan Pamekasan; kedua, Bagaimana upaya yang dilakukan oleh MTs Miftahul Ulum Dabuan Tlanakan dalam meningkatkan standar mutu layanan konseling; ketiga, Apa saja hambatan dalam implementasi standar mutu layanan konseling siswaMTs Miftahul Ulum Dabuan Tlanakan Pamekasan dan bagaimana solusinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti kepala sekolah dan guru BK. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: pertama, program layanankonselingsiswa di MTs MiftahulUlumDabuansudahterlaksana, namunbelummaksimal. Hal inidikarenakankurangnyakesadaranmasyarakatkhususnyaorangtuasiswadansiswaitusendiritentangpentingnyapendidikandanlayanankonselingpendidikan.Selainitu, guru yang bertanggungjawabatasterlaksananya program layanankonselingtidakberasaldaribackgroundpendidikan BK. Hal inimenjadipenyebabtidaktercapainyastandarmutulayanankonseling di MTs MiftahulUlumDabuan.
Kedua, upaya yang dilakukanoleh MTs MiftahulUlumDabuanuntukmeningkatkanstandarmutulayanankonselingsiswanya, antara lain: Mengikutsertakan guru BK dalam kegiatan pelatihan khusus BK, danMemaksimalkan peran guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan layanan konseling. Ketiga, hambatandalammeningkatkanimplementasistandarmutulayanankonseling di MTs MiftahulUlumDabuan: Kurangnya minat dan kesadaran masyarakat sekitar, khususnya orangtua siswa dan siswa itu sendiri mengenai pendidikan, khususnya layanan konseling. Kurangnya SDM atau tenaga ahli dalam bidang BK, sehingga menghambat lancarnya pelaksanaan layanan konseling siswa. Adapunsolusiuntukmenanggulangihambatantersebut, yaitu: mengadakan pertemuan rutin dengan orangtua siswa untuk memberikan pemahaman dan pengarahan mengenai pentingnya pendidikan, dan merencanakan untuk segera melakukan perekrutan tenaga ahli khusus BK atau guru BK yang memang berasal dari jurusan pendidikan BK.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 142019072 Quf I
142019072
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
142019072 Quf I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2019
Deskripsi Fisik
xi+72 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI MPI 2019
Info Detail Spesifik
072
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?