PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN HIDUP SEHAT KELUARGA ISLAMY (HIDUP SEHATI) DI KSPP. SYARI’AH BAITUL MAAL WAT TAMWIL NUANSA UMMAT (BMT NU) JAWA TIMUR CABANG BLUTO SUMENEP

Eva Listiyani - Nama Orang;

ABSTRAK

Eva Listiyani, 2019, “Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Hidup Sehat Keluarga Islamy (HIDUP SEHATI) di KSPP. Syari’ah Baitul Maal Wat Tamwil Nuansa Ummat (BMT NU) Jawa Timur Cabang Bluto Sumenep”, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Rudy Haryanto, MM.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Pembiayaan HIDUP SEHATI.
Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran yang memberikan arahan kepada usaha-usaha pemasaran dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai tanggapan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan pesaing yang selalu berubah. Maka KSPP. Syari’ah BMT NU Cabang Bluto Sumenep dalam memasarkan produk pembiayaan hidup sehat keluarga Islamy (HIDUP SEHATI), harus menggunakan berbagai macam cara agar masyarakat ikut bergabung menjadi anggotanya. Sehingga dengan melakukan strategi yang mumpuni KSPP. Syari’ah BMT NU Cabang Bluto Sumenep mampu menarik minat nasabah terhadap produk tersebut.
Maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah: pertama, bagaimana implementasi penerapan strategi pemasaran produk pembiayaan hidup sehat islamy (HIDUP SEHATI) di KSPPS BMT NU Cabang Bluto. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam memasarkan produk pembiayaan hidup sehat islamy (HIDUP SEHATI) di KSPPS BMT NU Cabang Bluto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dalam penelitian ini peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan dan para karyawan serta nasabah KSPP. Syari’ah BMT NU Jawa Timur Cabang Bluto Sumenep.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pada implementasi produk KSPPS BMT NU Cabang Bluto melakukan strategi pemasaran dengan pengenalan produk HIDUP SEHATI dengan cara pendekatan langsung kepada masyarakat. Promosi yang dilakukan yaitu dengan cara sosialisasi, atau pengajian yang ada di setiap desa. Promosi serta pengajuan bisa dilakukan melalui sosial media seperti whatsApp dan facebook serta wabsate BMT NU itu sendiri. Produk ini dikhususkan bagi masyarakat yang belum memiliki jamban/WC serta sarana air bersih yang intinya berkenaan dengan sanitasi. Khususnya bagi kalangan menengah ke bawah. Dengan menggunakan sistem kelompok minimal 5 orang dan maksimal 20 orang dalam satu kelompok dengan menggunakan akad murabahah. Dan juga menjadi solusi bagi masyarakat akan penting kesehatan dan lingkungan sekitar. Dengan langkah yang sangat mudah dari awal pengajuan hingga pembayaran angsuran sampai pelunasan. Dengan menggunakan strategi persaingan segmenting pasar, targeting dan positioning (STP) yang berjalan dan sesuai dengan syari’ah Islam. Kedua, Pendukungnya bisa tanpa jaminan serta prosesnya cepat, cara pendaftarannya juga gampang dan tidak ribet. Hambatannya hanya pada minat gak minatnya masyarakat, dapat ditangani dengan cara memberi arahan. Faktor ini dapat dilihat dari analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman) yang dilihat dari faktor internal dan eksternal.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 312019145 Eva S
312019145
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
312019145 Eva S
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2019
Deskripsi Fisik
xii+111 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PBS 2019
Info Detail Spesifik
144
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?