PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH AL-FALAH KARANGSOKON GULUK-GULUK SUMENEP

FAIQAH - Nama Orang;

ABSTRAK

Faiqah. 2019. Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Karangsokon Guluk-Guluk Sumenep. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial, Program Studi Pendidikan Sosial, Institut Agama Islam Negeri Madura Pemekasan, Pembimbing: Drs. Moh. Mashur Abdi

Kata kunci: Strategi guru, nilai pendidikan karakter

Secara sosiologis, MTs Al-Falah merupakan komunitas yang kompleks, di dalamnya terdapat pola interaksi yang berbeda antara peserta didik yang satu dengan lainya. Perbedaan ini timbul disebabkan latar belakang dan masalah masing-masing yang berlainan. Sebagai konsekuensi dari perbedaan tersebut, dalam lingkungan madrasah muncul prilaku-prilaku sebagai wujud dari perilaku yang melatarbalakanginya, baik perilaku baik maupun perilaku tidak baik. Agar karakter peserta didik dapat dimanifestasikan pada perilaku baik, guru mata pelajaran IPS perlu menerapkan strategi yang tepat dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik sesuai tuntutan kurikulum 2013.
Permasalahan dalam penelitian ini mencakup (1) bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter berdasarkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII? (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter berdasarkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII? dan (3) bagaimana respon siswa terhadap strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter berdasarkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, guru mata pelajaran IPS, dan dan beberapa orang siswa kelas VII. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif interaktif. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui pengamatan terus-menerus, pemeriksaan sejawat, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter berdasarkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII, melalui (a) pembiasaan, seperti berdo’a sebelum memulai dan mengakhiri pelajaran, mengucapkan salam, shalat dhuha, shalat dhuhur berjemaah, dan berjabatan tangan, (b) keteladanan, seperti datang tepat waktu ke nadrasah, membersihkan lingkungan madrasah, memimpin shalat dhuha dan shalat dhuhur berjemaah, dan (c) pemberian arahan dan bimbingan tentang pentingnya perilaku baik, misalnya disiplin, rajin, tolong-menolong, dan jujur serta memberikan bimbingan terhadap kesulitan-kesulitan siswa, (2) faktor pendukung strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter berdasarkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII, di antaranya sarana dan prasarana yang memadai, minat kuat dari siswa, dan profesionalitas guru, sedangkan faktor penghambatnya adalah perbedaan kemampuan siswa dan perbedaan status sosial budaya siswa, dan (3) respons siswa terhadap strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter berdasarkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII adalah positif.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 182019029 Fai S
182019029
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182019029 Fai S
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2019
Deskripsi Fisik
x+84 hlm, 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI IPS 2019
Info Detail Spesifik
029
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?