PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI MOTIVATOR PADA PELAKSANAAN IBADAH SHOLAT BERJAMAAH SISWA DI SMP AL-FAQIH SUMBER NYAMPLONG KELURAHAN KOWEL KECAMATAN PAMEKASAN KABUPATEN PAMEKASAN

M. HOLILI - Nama Orang;

ABSTRAK

M. Holili, 2019, Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator pada Pelaksanaan Ibadah Sholat Berjamaah Siswa di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kelurahan Kowel Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. Buna’i, S.Ag, M.Pd.
Katakunci: guru PAI, ibadah sholat berjamaah.
Kajian skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sholat berjamaah, hasil penelitian salah satu peraturan yang diadakan di SMP Al-Faqih adalah wajib bagi siswanya melakasanakan sholat berjamaah diantaranya sholat dzuhur berjamaah. Karena selain moral mereka yang saat ini menurun, mereka juga cenderung tidak melaksanakan shalat berjamaah jika tidak dalam pantauan guru. Peranan guru sebagai motivator ini penting artinya dalam rangka meningkatkan kegairahan dan pengembangan kegiatan belajar siswa. Guru harus dapat merangsang dan memberikan dorongan serta reinforcement untuk mendinamisasikan potensi siswa, menumbuhkan swadaya (aktivitas) dan daya cipta (kreativitas), sehingga akan terjadi dinamika dalam proses belajar mengajar
Dalam penelitian ini terdapat dua fokus: 1. Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator pada pelaksanaan sholat duhur berjamaah di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kelurahan Kowel Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. 2. Faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator pada pelaksanaan sholat duhur berjamaah di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kelurahan Kowel Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan serta cara mengatasi hambatan tersebut.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam usaha mendapatkan sumber data: penulis menggunakan data primer dan skunder. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis datanya peneliti menggunakan mereduksi data, mendisplay data dan kesimpulan dan verifikasi data. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan datanya peneliti menggunakan metode triangulasi sumber data., Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Peran Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator yang cukup signifikan dalam Membiasakan pelaksanaan sholat duhur berjamaah di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong Kelurahan Kowel Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Hal ini dapat dilihat dari Guru mampu menjalin hubungan dekat dengan peserta didik tetapi penuh rasa hormat. Sehingga seorang guru mampu dengan mudah untuk menasehati peserta didik tentang sholat berjamaah, Guru mampu menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik tentang pentingnya sholat berjamaah. Sehingga peserta didik mampu memahi tentan sholat berjamaah, memberikan contoh atau teladan, memberikan nasehat (mauidloh), membiasakan, menegakkan kedisiplinan, serta memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa untuk dapat terbiasa menjalankan ibadah sholat duhur berjamaah. Kemudian dalam hal ini faktor pendukung adalah Guru merangsang atau memotivasi siswa untuk mau melakukan kegiatan pembelajaran, Mengarahkan seluruh kegiaan yang agar dapt mencapai tujuan tertentu, Guru mendorong siswa untuk mau melakukan kagiatan untuk mencapai tujuan, adanya kerjasama yang baik antara kepala sekolah dan guru PAI, ada tata tertib sekolah sedangkan faktor penghambat adalah Guru kurang mampu mengarahkan dan membimbing para siswa sehingga tergerak motivasinya secara intrinsic, Guru kurang mampu mengarahkan siswa untuk melakukan kegiatan kegiatan secara aktif, Guru kurang mampu membimbing siswa untuk melakukan kebiasan-kebiasaan yang baik, kurangnya pemahaman siswa terhadap pentingnya sholat berjamaah, prilaku siswa, personil guru yang mengontrol siswa kurang dan tindak lanjut pengawasan dari lingkungan keluarga masih kurang. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para guru di lembaga pendidikan tersebut.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 112020034 Hol P
112020034
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112020034 Hol P
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
xii+ 99 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
MODEL PEMBELAJARAN
Info Detail Spesifik
034
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?