PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH DI BPRS SPM PAMEKASAN

BENI BASTIAN - Nama Orang;

ABSTRAK
Beni Bastian, 2020, Penerapan Customer Relationship Management dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Nasabah di BPRS SPM Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing : H. Wadhan, SE. M.Si.
Kata Kunci: Penerapan Customer Relationship Management, Kepuasan Nasabah
Bank Pembiayaan Rakyat Syariah sarana Prima Mandiri Pamekasan kegiatan utamanya menghimpun dana dan menyalurkan dana kepada masyarakat dan sesuai dengan prinsip syariah. Nasabah merupakan faktor penting dalam suatu bank, karena nasabah merupakan pihak kreditur dn pihak debitur, sedangkan bank hanya sebagai pihak intermediary yang mengelola dana yang didapatkan dari nasabah, untuk itu penting sekali menerapkan manajemen hubungan pelanggan dalam suatu bank. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan customer relationship management dalam upaya meningkatkan kepuasan nasabah di BPRS SPM pamekassan; kedua, bagaimana efektifitas penerapan customer relationship management dalam upaya meningkatkan kepuasan nasabah di BPRS SPM Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kasi funding, Kasi Landing, Kasi Tabarok dan nasabah BPRS SPM Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan Customer Relationship Management yang diterapkan oleh pihak BPRS SPM Pamekasan sudah sesuai dengan komponen CRM, baik dalam berinteraksi, memahami keluhan nasabah dengan baik dan mengkolaborasikan kedua komponen tersebut dengan upaya memberikan nilai tambah terhadap nasabah di BPRS SPM, selain itu tujuan penerapan manajemen hubungan pelanggan di BPRS SPM adalah untuk memberikan pelayanan yang prima dan manfaatnya tak lain adalah meningkatkan loyalitas dan pendapatan dari nasabah. Dengan berbagai strategi yang dilakukan seperti mengetahui apa saja kesukaan dan kriteria dari masing-masing nasabah, memberikan pelayanan dengan bahasa yang ramah dan sopan serta menggap nasabah sebagai keluarga atau bahkan orang penting. Namun, itu juga akan ada tantangan tersendiri seperti dalam merekrut nasabah yang baru. Kedua, Penerapan Cutomer Relationship Management di BPRS SPM terbilang efektiv, karena dari hasil wawancara langsung yang saya lakukan kepada nasabah, membuktikan bahwa nasabah merasa puas terhadap penerapan manajemen hubungan pelanggan di BPRS SPM. Pihak bank yang juga melakukan pendekatan dengan nasabah atau wawancara pribadi mendapatkan hasil bahwa nasabah merasa puas atas apa yang sudah diberikan oleh pihak BPRS SPM Pamekasan. Serta dibuktikan dengan semakin berkurangnya jumlah nasabah yang menutup rekening di BPRS SPM Pamekasan. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan Customer Relationship Management yang dilakukan pihak BPRS SPM Pamekasan dikatakan efektiv.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (R SKRIPSI) 312020031 Ben P
312020031
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
312020031 Ben P
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
xiv + 94 hlm, 21 x 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Manajemen SDM
Info Detail Spesifik
031
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?