PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Statistik
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TURNAMENT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA NEGERI 1 OMBEN SAMPANG

ARINATUL BUSRO - Nama Orang;

ABSTRAK
Arinatul Busro, 2020, Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Di SMAN 1 Omben Sampang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing Dr.Abd.Mukhid,M.Pd
Kata Kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament, Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SMA Negeri 1 Omben Sampang terdapat beberapa siswa yang mengalami tidak semangat, bosan pada saat pelajaran, siswa mengantuk di dalam kelas dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Berdasarkan fenomena tersebut perlu adanya kreatifitas guru dalam menggunakan model pembelajaran, seperti dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam agar proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien,
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: (1).Bagaimana langkah-langkah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament Dalam Meningkatkan Minat Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 1 Omben Sampang (2). Bagaimana hasil implementasi model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament Dalam Meningkatkan Minat Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 1 Omben Sampang (3). Apa faktor penghambat dan pendukung dari implementasi model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament Dalam Meningkatkan Minat Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 1 Omben Sampang
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Cheking Data, Organizing Data, Editing Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama. Langkah-langkah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 1 Omben yaitu Dengan dibentuk kelompok lalu guru menjelaskan materinya. Setelah itu guru membagikan selembar kertas kepada tiap kelompok untuk di diskusikan tentang soal-soal yang akan dipertanyakan. Setelah itu guru meminta perwakilan dari tiap kelompok. Dari perwakilan kelompok tersebut siswa yang tidak bisa menjawab ataupun jawabannya tidak sesuai tidak akan mendapat nilai dan juga tidak dihukum. Namun siswa yang jawabannya benar akan mendapat nilai. Kelompok yang memiliki nilai paling banyak mendapatkan penghargaan. Kedua, Hasil implementasi model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 1 Omben yaitu dengan menggunakan model ini ada peningkatan dalam hasil belajar terlihat bahwa siswa lebih bersemangat, lebih aktif dan sangat ber antusias ketika kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Ketiga, Faktor penghambat dan pendukung dari implementasi model pembelajaran kooperatif tipe team game turnament dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 1 Omben yaitu faktor penghambatnya dipengaruhi dari dalam diri siswa berupa kemampuan yang dimilikinya. Kemampuan siswa sangat mempengaruhi pada saat proses pembelajaran. Selain itu faktor lain seperti rendahnya motivasi, kurangnya minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar. Sedangkan faktor pendukungnya dari segi sarana dan prasarana sudah memadai. Seperti di lembaga sudah di siapkan proyektor lcd dan perpustakaan sudah menyediakan berbagai sumber refrensi untuk siswa maupun guru.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 112020081 Ari I
112020081
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112020081 Ari I
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
xiV+75 hlm ,21x29,5 Cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan
Skripsi PAI 2020
Info Detail Spesifik
081
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?