PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL TERHADAP SISWA YANG MENGALAMI HAMBATAN PERKEMBANGAN EMOSI DI MTsN 2 PAMEKASAN

UMMUL FARIHAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Ummul Farihah, 2020, Layanan Koseling Individual Terhadap Siswa yang Mengalami Hambatan Perekembangan Emosi di MTsN 2 Pamekasan, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, pembimbing Dr. Edi Susanto, M. Fil. I.
Kata Kunci: Konseling Individual, Hambatan Perkembangan Emosi.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang mengalami hambatan perkembangan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling individual terhadap siswa yang mengalami hambatan perkembangan emosi di Mtsn 2 Pamekasan. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaiamana gambaran siswa yang mengalami hambatan perkembangan emosi di Mtsn 2 Pamekasan, (2) bagaimana pelaksanaan layanan konseling individual terhadap siswa yang mengalami hambatan perkembangan emosi di Mtsn 2 Pamekasan, (3) apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan layanan konseling individual terhadap siswa yang mengalami hambatan perkembangan emosi di Mtsn 2 Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti meliputi ketekunan, pengamatan, perpanjangan keikutsertaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, gambaran siswa yang mengalami hambatan perkembangan emosi di Mtsn 2 Pamekasan yaitu sama-sama tidak mampu meluapkan perasaannya yaitu perasaan marah dan kesal. Adapun gambaran siswa yang mengalami hambatan perkembangan emosi di Mtsn 2 pamekasan yaitu berupa sedih, takut, gelisah. Kedua,pelaksanaan konseling individual terhadap siswa yang mengalami hambatan perkembangan emsosi di Mtsn 2 Pamekasan yaitu ketika siswa (peserta didik) mempunyai masalah maka guru Bk akan memanggil langsung siswa yang mempunyai masalah tersebut. Kemudian guru Bk akan membangun rapport atau hubungan yaitu dengan berusaha bersikap baik dan ramah, mengajak siswa ngobrol dan berusaha merangkul siswa agar siswa tersebut merasa tenang dan ketika siswa sudah merasa tenang, guru Bk akan mencoba memunculkan pertanyaan mengenai permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Setelah guru Bk benar-benar mengetahui akar permasalahannya maka Guru Bk akan mencari jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Setelah itu Guru Bk akan melakukan evaluasi terhadap hasil konseling, kemudian melakukan tindak lanjut. Ketiga,faktor pendukung dari pelaksanaan layanan konseling indivual terhadap siswa yang mengalami hambatan perkembangan emosi meliputi, 1) kerjasama antara guru Bk dengan wali kelas dan juga teman dekat siswa, 2) kerjasama dengan orang tua melalui kagiatan kunjungan rumah yang dilakukan oleh guru Bk. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan layanan konseling individu meliputi, 1) kurang terbukanya siswa mengenai permasalahan yang dihadapi, 2) kurangnya fasilitas yang memadai diruang konseling.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 192020040 Umm L
192020040
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
192020040 Umm L
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
xi+90 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembelajaran Pada Anak
SKRIPSI BKPI 2020
Info Detail Spesifik
040
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?