PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARN PEERTUTORING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 5 PAMEKASAN

MOH. SUNAN MULYADI - Nama Orang;

ABSTRAK
Moh.Sunan Mulyadi, 2020, Penggunaan Model Pembelajaran Peer Tutoring Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 5 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. Mohammad Kosim, M.Ag.

Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Penggunaan Model Pembelajaran Peer Tutoring, Kesulitan Belajar

Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SMA Negeri 5 Pamekasan terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran PAI. Seperti siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan proses pembelajaran PAI. Sehingga perlu adanya penggunaan model pembelajaran peer tutoring dalam mengatasi kesulitan belajar yang di hadapi siswa, Khususnya di SMA Negeri 5 Pamekasan.

Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: 1).Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Peer Tutoring Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas X IPS 1 pada SMA Negeri 5 Pamekasan. 2). Apa Saja Kendala yang Dihadapi dalam Penerapkan Model Pembelajaran Peer Tutoring dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas X IPS 1 di SMA Negeri 5 Pamekasan 3).Bagaimana Gambaran Keberhasilan Penerapan Model Pembelajaran Peer Tutoring di dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 5 Pamekasan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Reduksi Data, penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, kepastian, trianggulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Proses penerapan Model Pembelajaran Peer Tutoring sebagai berikut; a. Guru memilih materi. b. Kemudian siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, dan siswa yang pandai menjadi tutornya. b. kemudian guru memberi tugas. c. Kemudian setiap kelompok melalui tutornya masing-masing menyampaikan sub materinya, dan diberi kesimpulan; Kedua, “Kendala yang Dihadapi dalam Penerapkan Model Pembelajaran Peer Tutoring sebagai berikut: a.. Kendalanya yaitu sulitnya menentukan tutor. b. Siswa seringkali kurang serius dalam belajar. c. sulitnya dalam mengelola waktu; Ketiga, “gambaran keberhasilan penerapan model peer tutoring sebagai berikut: a.“Gambarannya yaitu seperti siswa lebih cepat memahami materi mata pelajaran PAI dan siswa lebih aktif dalam berdiskusi dengan teman sekelompoknya dalam membahas materi mata pelajaran PAI.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (Ruang Skripsi) 112020109 Moh P
112020109
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112020109 Moh P
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
ix+80 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi PAI 2020
Info Detail Spesifik
109
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?