PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PEMAHAMAN GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN IPS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PAMEKASAN

HOSNOL HOTIMAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Hosnol Hotimah, 2020, Pemahaman Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Mata Pembelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Siti Azizah, M.Pd.

Kata Kunci:Kurikulum 2013, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Mata Pembelajaran IPS

Kurikulum yang digunakan oleh lembaga sekolah saat ini yaitu kurikulum 2013 yang memiliki tema menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, afektif; melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.Fakta yang ada dilapangan masih banyak guru yang kurang memahami terkait kurikulum 2013 yaitu dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).Tugas pertama guru dalam pembelajaran adalah menyusun perangkat pembelajaran berupa silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 1 Pamekasan dan mengetahui kendala yang ditemui oleh guru IPS dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 mata pelajaran IPS serta solusinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif dengan jenis phenomology(fenomena) yang merupakan sebuah penelitian yang menggambarkan makna dari beberapa individu dari pengalaman hidup mereka terhadap sebuah konsep atau fenomena.Data bersumber dari data primer dan data sekunder.Tekhnik pengambilan datanya diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan Pemahaman guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 mata pelajaran IPS: (1) gurumemahami dalam penyusunan RPP yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 (2) guru kurang dalam mengakses perubahan dalam RPP kurikulum 2013 yang direvisi tiap tahunnya. (3) guru kurang terampil dalam memilih dan memanfaatkan metode, media, dan sumber belajar yang sesuai dengan masing-masing karakter peserta didik. (4) pemahaman guru dalam penyusunan RPP kurikulum 2013 meliputiidentitas sekolah, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian. Kendala yang di hadapi guru IPS dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 mata pelajaran IPS , yaitu perubahan kurikulum dari tahun ke tahun, penentuan model dan metode yang terkadang tidak sesuai dengan kondisi siswa, format penilaian yang sulit dan menyita waktu cukup lama, sarana dan prasarana yang kurang, dan pengalokasian waktu yang terkadang tidak sesuai dengan keadaan kelas.
Solusi dalam hal ini adalah rajin dalam mengikuti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) tingkat Kabupaten, mengakses atau mendalami pemahaman mengenai penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lewat internet dan buku panduan kurikulum 2013, melengkapi sarana prasarana yang ada disekolah untuk mengembangkan dalam penerapan RPP yang sudah tersusun, harus kreatif dalam menentukan model dan metode yang sesuai dengan kondisi siswa dalam proses pembelajaran, melakukan evaluasi atau pembenahan RPP yang tidak sesuai dengan aturan kurikulum 2013 dan kondisi siswa dalam proses pembelajaran. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji lebih banyak sumber maupun referensi yang terkait dengan penyusunan RPP kurikulum 2013 mata pelajaran IPS agar penelitiannya dapat lebih baik dan lengkap lagi.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 182020033 Hos P
182020033
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182020033 Hos P
Penerbit
Pamekasan : IAIN MADURA PRESS., 2020
Deskripsi Fisik
x+73 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TIPS 2020
Info Detail Spesifik
033
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?