PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI ICE BREAKING PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPI DARUL ULUM TAMPOJUNG TENGGINA KECAMATAN WARU KABUPATEN PAMEKASAN

NURLIYA ASHRI SAFITRI - Nama Orang;

ABSTRAK
Nurliya Ashri Safitri, 2021, Implementasi Ice Breaking pada Mata Pelajaran IPS
untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPI Darul Ulum
Tampojung Tenggina Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program
Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam
Negeri Madura (IAIN), Dosen Pembimbing: Siti Azizah, M.Pd.
Kata Kunci: Ice Breaking, Ilmu Pengetahuan Sosial, Motivasi Belajar
Ice Breaking dalam proses pembelajaran merupakan suatu aktivitas
sederhana yang dilakukan oleh guru pengajar yang bertujuan untuk
menghilangkan kebosanan yang dirasakan oleh siswa selama proses pembelajaran
berlangsung. Kebosanan di dalam kelas saat pembelajaran sedang berlangsung
tentu pernah dirasakan oleh setiap siswa. Seperti karena siswa tidak menyukai
mata pelajaran tersebut, ataupun cara penyampaian materi yang diberikan oleh
guru pengajar yang membosankan.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi ice breaking
pada mata pelajaran IPS yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa kelas VII di SMPI Darul Ulum Tampojung Tenggina Kecamatan
Waru Kabupaten Pamekasan; kedua, apa saja manfaat yang diperoleh dari
implementasi ice breaking pada mata pelajaran IPS yang dilakukan oleh guru
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII; ketiga, apa saja hambatan
dalam implementasi ice breaking pada mata pelajaran IPS yang dilakukan oleh
guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII serta bagaimana
solusinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru pengajar IPS dan
peserta didik kelas VII. Sedangkan pengecekan keabsahan data yang digunakan
dalam penelitian ini ialah menggunakan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, implementasi ice breaking
pada mata pelajaran IPS yang dilakukan oleh guru pengajar IPS di kelas VII
SMPI Darul Ulum Tampojung Tenggina Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan
merupakan suatu aktivitas yang memang sudah terbiasa dilakukan oleh guru
pengajar di sela-sela proses pembelajaran IPS. Seperti game, gerak badan, dan
sapaan semangat. Kedua, manfaat yang diperoleh dalam penggunaan ice breaking
ialah terciptanya suasana kelas yang kondusif dan tidak membosankan, siswa
menjadi lebih bersemangat dan menambah konsentrasi siswa, siswa menjadi lebih
aktif dan tidak mudah bosan. Ketiga, penghambat dan solusi dalam penggunaan
ice breaking ialah memakan waktu jam pelajaran apabila ada siswa yang
berkesempatan untuk menjawab pertanyaan pada saat bermain game untuk
menjawab pertanyaan, sehingga solusi yang dilakukan adalah memberikan
hukuman yang mendidik untuk mempersingkat waktu. Serta suasana kelas
menjadi ramai pada saat guru meminta mereka untuk membuat kelompok diskusi
belajar, sehingga guru yang memilih anggota kelompok.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 182021004 Nur I
182021004
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182021004 Nur I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
x+86 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
METODE PEMBELAJARAN
SKRIPSI TIPS 2021
Info Detail Spesifik
004
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?