PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI MOTEDE DRILL PADA PELAJARAN PAI UNTUKMENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI SISWA DI SMPN 4 PAMEKASAN

MUSLIHIN - Nama Orang;

ABSTRAK
Muslihin, 2021, Implementasi Metode Drill pada Pelajaran PAI untuk Meningkatkan
Perilaku Islami Siswa di SMPN 4 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr.H.Nor
Hasan,M.Ag
Kata Kunci: Metode Drill, Pendidikan Agama Islam, Perilaku Islami
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 4 Pamekasan terdapat seorang guru menerapkan metode drill dalam proses
pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan perilaku islami siswa agar
nantinya siswa mampu mengamalkan ajaran-ajaran pendidikan agama islam yang telah
didapat ketika kegiatan proses pembelajaran berlangsung.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama,
Bagaimana langkah-langkah guru PAI dalam mengimplementasikan metode drill pada
pelajaran PAI untuk meningkatkan perilaku islami siswa di SMPN 4 Pamekasan Kedua, Apa
saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode drill pada pelajaran PAI
untuk meningkatkan perilaku islami siswa di SMPN 4 Pamekasan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
dengan melakukan Reduksi Data, Pemaparan Data dan Penarikan Kesimpulan. Data yang
diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Langkah-langkah dari implementasi
metode drill pada pelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan perilaku islami
siswa di SMP Negeri 4 Pamekasan yaitu: a). Memilih materi pelajaran yang ringan seperti
mempraktekkan gerakan sholat, menghafal surat-surat pendek, membaca basmallah sebelum
memulai sesuatu dll. b). Memilih materi latihan yang memang mempunyai arti luas yang
dapat menanamkan pengertian akan makna dan tujuan dari amteri tersebut agar nantinya
mampu menyadarkan siswa akan kegunaan bagi kehidupannya sehari-harinya. c).
Pentingnya melakukan latihan materi secara tepat dan cepat sesuai dengan waktu yang telah
ditentukan oleh sekolah. d). Mempertimbangkan waktu yang telah digunakan dalam
menggunakan metode ini sehingga tidak menyebabkan siswa merasa bosan ketika proses
pembelajaran berlangsung. e). Memperhatikan perbedaan individual antara siswa dengan
siswa lainnya sehingga kemampuan dan kebutuhan siswa masing-masing tersalurkan atau
dikembangkan maka dalam pelaksanaan latihan perlu diawasi dan memperhatikannya.
Kedua, Faktor penghambat dan pendukung dari implementasi metode drill pada pelajaran
pendidikan agama islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa di SMP Negeri 4
Pamekasan yaitu faktor penghambatnya kurangnya motivasi sehingga menyebabkan siswa
bermalas-malasan dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan agama islam sehingga
menyebabkan siswa sulit untuk diatur oleh guru pendidikan agama islam seperti ada siswa
yang bergurau denga teman sebangkunya. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu lengkapnya
sarana dan prasarana seperti meja, kursi, alat tulis, proyektor dan refrensi-refrensi yang ada di
perpustakaan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG TUGAS AKHIR) 112021022 MUS I
112021022
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112021022 MUS I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xii+65 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
METODE PEMBELAJARAN
SKRIPSI PAI 2021
Info Detail Spesifik
022
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?