PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Statistik
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI PERSEPSI NEGATIVE SISWA TERHADAP GURU BK DI MA MATSARATUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN

QURROTA AINI - Nama Orang;

ABSTRAK
Qurrota Aini, 2017, Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive
Restructuring Untuk Mengurangi Persepsi Negative Siswa Terhadap Guru BK Di
MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan
Bimbingan Konseling, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing H.
Mohammad Jamaluddin, M.Pd.
Kata Kunci : Persepsi Negative Siswa Terhadap Guru BK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi persepsi negative siswa
terhadap guru BK sebelum diberikannya treatment (teknik Cognitive
Restructuring) khususnya kelas X IPS di MA Matsaratul Huda Panempan
Pamekasan. Siswa mempunyai persepsi yang berbeda-beda terhadap guru BK.
Siswa ada yang berpresepsi negative dan positif tapi lebih ke persepsi negative
mereka menganggap guru BK polisi sekolah, penghukum siswa, dan mengurusi
masalah siswa.Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya persepsi negative
siswa terhadap guru BK. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: Bagaimana
efektivitas konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk
mengurangi persepsi negative siswa terhadap guru BK di MA Matsaratul Huda
Panempan Pamekasan tahun 2020/2021?
Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen dengan desain
One-Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu metode angket dan wawancara. Sampel yang digunakan
sebanyak 6 siswa dari populasi 116 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas konseling kelompok
dengan teknik cognitive restructuringuntuk mengurangi persepsi negative siswa
terhadap guru BK ada perubahan bagi siswa dalam menerapkan treatmen
tersebut. Sehingga teknik tersebut dikatakan berhasil untuk mengurangi siswa
yang mempunyai persepsi negative terhadap guru BK. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu proses konseling kelompok dan subjek yang diteliti adalah
kelas X IPS MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan, siswa yang
melakukan proses konseling kelompok 6 siswa dari 14 siswa yang mempunyai
skor rendah terhadap guru BK. Penelitian ini menggunakan Teknik Cognitive
Restructuring.Merupakan teknik yang mengubah pikiran negative ke positif
dengan adanya pikiran pengganti. Penelitian ini dilakukan 6 kali pertemuan, 2
kali pertemuan untuk memberikan pre-test dan pos-test dan 4 kali pertemuan
melakukan proses konseling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis
ujiWilcoxon Signed Rank Test.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dalam proses konseling dengan
teknik cognitive restructuring menunjukkan ada hasil yaitu bisa mengurangi
persepsi negarive siswa terhadap guru BK di kelas X IPS tahun ajaran 2021-2022.
Berdasarkan Hasil dari uji Wilcoxon diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai
0,027 < 0,05 dan nilai Zhitung > Ztabel ( -2,214 > -1,645) Yang artinya Ha diterima
karena tidak melebihi nilai signifikansi atau kurang dari 0,05 dan nilai Zhitung <
Ztabel(-2,214 > -1,645). Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat ditafsirkan
dalam melakukan proses konseling dengan teknik cognitive restructuring untuk
mengurangi persepsi negative siswa ada pengaruhnya di MA Matsaratul Huda
Panempan Pamekasan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG TUGAS AKHIR) 192021012 QUR E
192021012
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
192021012 QUR E
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xiii+69 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Bimbingan Konseling
SKRIPSI BKPI 2021
Info Detail Spesifik
011
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?