PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

IMPLEMENTASI AAUTHENTIC ASSESSMENT PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAAWIYAH ASSALAFIYAH SERA BARAT KECAMATAN BLUTO KABUPATEN SUMENEP DALAM KONTEKS KURIKULUM 2013

IMAM HIDAYAT - Nama Orang;

Kata Kunci: Authentic Assesmeent, Fiqih
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
Pertama, Bagaimana implementasi Authentic Assessment pada mata pelajaran
Fiqih kelas II (2) di Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah Sera Barat Kecamatan
Bluto Kabupaten Sumenep? Kedua, Apa saja faktor penghambat dan faktor
pendukung terhadap implementasi Authentic Assessment pada mata pelajaran fiqih
kelas II (2) di Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah Sera Barat Kecamatan Bluto
Kabupaten Sumenep dalam Konteks kurikulum 2013?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Reduksi Data, Display Data dan
Penarikan Kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan,
perpanjangan kehadiran penelitian, ketekunan pengamatan dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan, peratama, Implementasi Authentic Assessment
atau pelaksanaan Penilaian Otentik yang dilakukan oleh guru mata pelajaran fiqih
kelas 2 bisa dikatakan berhasil dalam penerapan kurikulum 2013. Adapun
langkah-langkah dalam pelaksanaan Authentic Assessment pada mata pelajaran
fiqih di MTs Assalafiyah Sera Barat Bluto Sumenep dalam Konteks Kurikulum
2013 ialah a). afektif guru fiqih melakukan observasi langsung terhadap peserta
didik dan mengamati tingkah laku mereka terhadap teman sebaya dan guru,
penilaian ini dilakukan secara langsung dan disimpulkan kemudian dicatat dalam
lembar penilaia b). kognitif guru fiqh memberikan ulangan harian dan tugas untuk
mengukur pengetahuan kognitifnya c). psikomotorik guru fiqih melakukan
penilaian dengan cara melakukan praktek seperti praktek shalat, doa shalat,
gerakan, rukuk, sujud dan lain sebagainya. Kedua, Faktor penghambat dan faktor
pendukung terhadap implementasi authentic assassment pada mata pelajaran fiqih
kelas II di Madrasah Tsanawiyah Assalafiyah Sera Barat Kecamatan Bluto
Kabupaten Sumenep dalam Konteks Kurikulum 2013 ialah faktor pendukungnya
yaitu mendelegasikan guru-guru untuk ikut berbagai pelatihan atau penataran
yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan, melengkapi fasilitas yang
berkaitan dengan proses pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya yaitu
perbedaan karakter setiap siswa yang dimilikinya yang menjadi kesulitan guru
dalam mengimplemintasikan authentic assassment


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG TUGAS AKHIR) 112021027 IMA I
112021027
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
112021027 IMA I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xi+57 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Implementasi Kurikulum
SKRIPSI PAI 2021
Info Detail Spesifik
027
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?