PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENJAGA BRAND AWARENESS (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA AIR MINERAL BARIKLANA DI KOPERASI PONDOK PESANTREN AL-AMIN PRENDUAN, SUMENEP)

HARIRARUL FITRIYAH - Nama Orang;

Kata kunci: Brand Awareness, Komunikasi Pemasaran, Strategi
Komunikasi pemasaran sudah sering digunakan oleh perusahaan untuk
mempertahankan produknya dalam banyaknya persaingan produk yang serupa, maka
dari itu perlu melakukan penelitian untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran
yang digunakan oleh air mineral Bariklana yang dikelola oleh koperasi pondok
pesantren Al-Amin dalam menjaga kesadaran konsumen terhadap merek air Bariklana.
Ada 2 permasalahan dalam fokus penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana strategi
komunikasi pemasaran air mineral Bariklana dalam menjaga Brand awareness?.
Kedua, bagaimana kesadaran konsumen terhadap brand awareness air mineral
Bariklana?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya
adalah direktur, marketing, admin, kepala bagian gudang dan konsumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi komunikasi
pemasaran yang digunakan air Bariklana dalam menjaga brand awareness yaitu bauran
pemasaran dan bauran promosi. Dalam bauran pemasaran terdapat: 1) Produk, yaitu
produk berupa air mineral untuk memenuhi kebutuhan santri dan masyarakat di
lingkungan pesantren. 2) Harga, yaitu harga bahan pokok ditentukan terlebih dahulu
kemudian mengambil keuntungan. 3) Tempat, yaitu air Bariklana terletak di pondok
Al-Amin II (barat), Sumenep dan sudah didistribusikan paling banyak di Kabupaten
Sumenep, sebagian di Kabupaten Pamekasan, Sampang, Bangkalan dan Surabaya.
Bauran Promosi yang digunakan adalah: 1) Periklanan, menggunakan Banner dan
memasang Iklan pada Rasda (Radio Suara Dakwah Al-Amin). 2) Penjualan personal,
yaitu mengikuti pameran OPOP (One Pesantren One Produk) di Jawa Timur dan
ketika ada pelanggan baru, dan para alumni pesantren Al-Amin. Penjualan personal ini
merupakan strategi yang paling banyak berkontribusi dalam strategi pemasaran,
Karena memanfaatkan para alumni pesantren, termasuk IKBAL (ikatan keluarga besar
alumni Al-Amin) yang ikut mendistribusikan air Bariklana. 3) Pemasaran langsung,
yaitu menghubungi pelanggan melalui telepon untuk mendapatkan respon segera. 4)
Promosi penjualan yang digunakan yaitu memberi bonus dan potongan harga. Kedua,
kesadaran konsumen terhadap brand awareness air mineral Bariklana terdapat dua
tahapan: 1) Top Of Mind (puncak pikiran) yaitu konsumen selalu mengingat dan
memilih air Bariklana saat memiliki kebutuhan air mineral. 2) Brand Recall
(pengingatan kembali merek) yaitu konsumen mengetahui terhadap merek tanpa perlu
mengingat kembali, namun konsumen tidak selalu memilih air mineral Bariklana saat
memiliki kebutuhan air mineral.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG TUGAS AKHIR) 262021019 HAR S
262021019
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
262021019 HAR S
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xi+70 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Komunikasi Pemasaran
SKRIPSI KPI 2021
Info Detail Spesifik
019
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?