PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

, Penerapan Relationship Marketing dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di Baitul Maal wa Tamwil Nuansa Ummat (BMT NU) cabang Kadur

Kurratul Aini - Nama Orang;

Kata Kunci: Penerapan, Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan.
Penelitian mengenai penerapan Relationship Marketing dalam
mempertahankan loualitas pelanggan merupakan strategi yang cukup menarik
pelanggan, dimana merupakan suatu strategi yang melibatkan antara kedua belah
pihak yaitu BMT dengan pelanggan, jika pelanggan puas dengan pelayanan yang
diberikan oleh BMT maka akan mendukung keberhasilan dan keberlangsungan
BMT NU cabang Kadur itu sendiri. Dalam mengupayakan untuk
mempertahankan loyalitas pelanggan maka harus menciptakan hubungan yang
harmonis atau baik terhadap pelanggan. Berdasarkan konteks di atas yang menjadi
fokus dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana penerapan Relationship Marketing
dalam mempertahankan Loyalitas pelanggan di BMT NU cabang Kadur, (2)
Bagaimana peran Relationship Marketing dalam mempertahankan loyalitas
pelanggan di BMT NU cabang Kadur, (3) faktor apa yang menjadi pendukung
dan penghambat Relationship Marketing dalam mempertahankan pelanggan di
BMT NU cabang Kadur.
Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu,
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang
digunakan yaitu deskriptif analisis dengan cara mendeskriptifkan data. Sedangkan
teknik pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti,
ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan penerapan Relationship
Marketing dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di BMT NU cabang Kadur
dapat dilihat melalui menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan dan
memberikan pelayanan yang baik serta menjaga komunikasi yang baik dengan
pelanggan terutama bisa dimulai dengan menjalin komukasi yang baik dengan
anggota terlebih dahulu dan memasarkan dengan pola yang berbasis syariah.
Selain dari itu peran Relationship Marketing dalam mempertahankan loyalitas
pelanggan di BMT NU cabang Kadur yaitu dengan cara meningkatkan loyalitas,
meningkatkan jumlah anggota. Adapun faktor yang dapat mendorong pelaksanaan
Relationship Marketing yaitu dengan adanya data base, promosi yang dilakukan
oleh BMT NU cabang Kadur dengan melalui media cetak dan juga sebagainya,
serta melalui perkembangan teknologi yang semakin canggih. sedangkan berbeda
dengan faktor yang dapat menghambat pelaksanaan dari Relationship Marketing
dalam mempertahankan loyalitas pelanggan yaitu berupa dengan adanya kondisi
ekonomi yang mayoritas menengah ke bawah dan juga dengan adanya pesaing
bagi BMT NU cabang Kadur.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 312021046 KUR P
312021046
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
312021046 KUR P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xiv+79 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
312021046
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Strategi pemasaran
SKRIPSI PBS 2021
Info Detail Spesifik
046
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?