PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Persaingan Antar Pedagang dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pedagang Sate di Jalan Niaga Pamekasan)

YULIYANTI - Nama Orang;

Kata Kunci : Persaingan Usaha, Persaingan Pedagang, Etika Bisnis Islam
Persaingan merupakan hal yang tidak bisa dihindari dalam dunia bisnis.
Persaingan dalam bisnis merupakan sebuah kompetisi antara para penjual yang
sama-sama berusaha ingin mendapat keuntungan, pangsa pasar serta jumlah
penjualan yang tinggi. Dalam persaingan bisnis, ada etika yang harus dilakukan
oleh pebisnis agar tidak melakukan persainga yang tidak sehat atau merugikan
pebisnis lain. Sehubungan dengan hal tersebut, peneliti memilih pedagang sate di
Jalan Niaga Pamekasan sebagai objek penelitian. Alasannya adalah pedagang sate
yang berdagang di Jalan Niaga itu banyak sehingga tidak menutup kemungkinan
terjadi adanya persaingan antar pedagang sate. Berdasarkan hal tersebut, maka ada
dua tujuan dalam penelitian ini, yaitu: Pertama,untuk mendeskripsikan gambaran
Persaingan usaha antar pedagang sate di Jalan Niaga Pamekasan; kedua, untuk
menganalisa persaingan antar pedagang sate di Jalan Niaga Pamekasan dalam
tinjauan etika bisnis Islam.
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data yang kami peroleh melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Informannya adalah para pedagang sate, pedagang
lainnya (pedagang yang bertetangga dengan pedagang sate) dan pembeli sate di
Jalan Niaga Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: Pertama, gambaran persaingan
antar pedagang sate di Jalan Niaga Pamekasan adalah saling saling tolong
menolong (membantu), tidak saling menjatuhkan atau menjelek-jelekkan,
memberikan pelayanan yang terbaik, dan tidak menggunakan sumpah,
menetapkan harga yang sama (seragam) dan mencatat utang piutang. Kedua,
persaingan usaha antar pedagang sate di Jalan Niaga Pamekasan merupakan
persaingan sehat yang menerapkan prinsip etika bisnis Islam diantaranya longgar
dan bermurah hati, menjual barang yang baik mutunya, tidak menggunakan
sumpah, jujur dan transparan, mencatat utang piutang, kesatuan (tauhid) dan
keseimbangan (keadilan)


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 322021059 YUL P
322021059
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
322021059 YUL P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
x+73, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
322021059
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Etika Bisnis
SKRIPSI ES 2021
Info Detail Spesifik
059
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?