PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Peran Kepala Sekolah Dalam Mengatasi Konflik Interpersonal Antar Siswa di SMPN 4 PAMEKASAN

SUBHAN HADI - Nama Orang;

Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Konflik Interpersonal Antar Siswa
Konflik interpersonal adalah konflik yang berkaitan dengan perselisihan
antara dua orang atau lebih dan terjadi karena adanya suatu perbedaan invidual
ataupun keterbatasan sumber daya dan ketidaksesuaian tindakan antara pihak yang
berhubungan.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi
kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, apa saja faktor-faktor penyebab
konflik interpersonal siswa di SMPN 4 Pamekasan. Kedua, apa saja strategi yang
di lakukan dalam mengatasi konflik interpersonal siswa di SMPN4 Pamekasan.
Ketiga, bagaimana peran kepala sekolah dalam mengatasi konflik interperonal
siswa di SMPN 4 Pamekasan.
Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti
berupa wawancara tidak terstruktur kepada pihak yang bersangkutan, observasi
(non partisipan) dan dokumentasi, dengan informan Guru Wali Kelas, Guru BK
dan Kepala Sekolah. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui
triangulasi dengan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan
triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama,faktor terjadinya konflik
interpersonal siswa di SMPN 4 disebabakan oleh adanya sebuah perselesihan,
adanya sebuah perbedaan pendapat saat bediskusi kelompok, adanya
perbedaan prrestasi yang kurang pandai danyang pandai serta adanya perbedaan
dari segi ekonomi/latar belakang siswa.Kedua, strategi dalam pengelolaan
konfflik interpersonal antar siswa di SMPN 4 dengan tiga strategi, strategi
penyelesaian konflik dari guru wali kelas, penanganan dai guru BK, kemudian
strategi penyelesaian konflik dari kepala sekolah sebagai solusi terakhir dari
penyelesaian konflik yang terjadi pada siswa. Ketiga, peran kepala sekolah dalam
pengeloan konflik interpersonal antar siswa di SMPN 4 adalah sebagai manajer
yaitu pengelola konflik yang terjadi disekolah.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 142021145 SUB P
142021145
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
142021145 SUB P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
ix+79, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
142021145
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kepala Sekolah
SKRIPSI MPI 2021
Info Detail Spesifik
145
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?