PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Analisis Kesalahan Ejaan pada Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Kemdikbud Kelas VII SMP/ Mts

NURAINI - Nama Orang;

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Ejaan, Buku Teks
Kepenulisan ejaan pada buku teks merupakan suatu hal kewajiban yang
dituntut tingkat ketelitiannya, dikarenakan sebagian penulis terkadang
mengabaikannya. Jika terjadi banyak kesalahan ejaan pada buku teks yang
digunakan oleh peserta didik tersebut, otomatis terjadi pentransferan ilmu ejaan
yang salah.
Ada tiga permasalahan yang menjadi pokok permasalahannya, yakni pertama
bagaimana bentuk kesalahan pemakaian huruf pada buku teks bahasa Indonesia
terbitan Kemdikbud kelas VII SMP/ Mts, dan yang kedua bagaimana bentuk
kesalahan penulisan kata pada buku teks bahasa Indonesia terbitan Kemdikbud
kelas VII SMP/ Mts, serta yang terakhir bagaimana bentuk kesalahan penulisan
tanda baca pada buku teks bahasa Indonesia terbitan Kemdikbud kelas VII SMP/
Mts.
Ada pun tujuan dari penelitian ini, yaitu pertama mendeskripsikan bentuk
kesalahan pemakaian huruf pada buku teks bahasa Indonesia terbitan Kemdikbud
kelas VII SMP/ Mts, dan yang kedua mendeskripsikan bentuk kesalahan
penulisan kata pada buku teks bahasa Indonesia terbitan Kemdikbud kelas VII
SMP/ Mts, serta yang terakhir mendeskripsikan bentuk kesalahan penulisan
tanda baca pada buku teks bahasa Indonesia terbitan Kemdikbud kelas VII SMP/
Mts.
Penelitian ini menggunakan dua pendekatan secara kualitatif dengan jenis
penelitian kepustakaan untuk mendeskripsikan kesalahan serta kuantitatif untuk
menghitung frekuensi kesalahan. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku
teks Bahasa Indonesia kelas VII SMP/ Mts kurikulum 2013 terbitan Kemdikbud,
serta pemeriksaan keabsahan data menggunakan cara uji kredibilitas dalam ranah
meningkatkan ketekunan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kesalahahan terbanyak terdapat pada
kesalahan dalam penggunaan kata baku, 2) Setelah kesalahan penggunaan kata
baku yang terbanyak, disusul oleh kesalahan penggunaan tanda baca seru
kemudian kesalahan penulisan huruf kapital


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 172021038 NUR A
172021038
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
172021038 NUR A
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
Xiii+141, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
172021038
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Analisis
SKRIPSI TBIN 2021
Info Detail Spesifik
038
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?