PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Implementasi Metode PAIKEM dalam Keterampilan Menulis Cerpen di Kelas X MA Negeri Sampang

AFRAHINNISA - Nama Orang;

Kata Kunci: Implementasi, Metode PAIKEM, Menulis Cerpen
Pelaksanaan pembelajaran dengan metode PAIKEM, diharapkan
berkembangnya berbagai macam inovasi kegiatan pembelajaran untuk mencapai
tujuan pembelajaran yang Partisipatif, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan
Menyenangkan.
Dalam penelitian ini terdapat 3 fokus penelitian pertama, bagaimana
implementasi metode PAIKEM dalam keterampilan menulis cerpen? Kedua, apa
saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode PAIKEM
dalam keterampilan menulis cerpen? Ketiga, bagaimana solusi untuk mengatasi
faktor penghambat dalam implementasi meto de PAIKEM dalam keterampilan
menulis cerpen?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan berjenis penelitian
deskriptif. Metode yang dipakai dalam penelitian yaitu wawancara, observasi dan
dokumentasi. Langkah yang digunakan dalam menganalisis data dengan reduksi
data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk pengecekan keabsahan data, peneliti
menggunakan cara perpanjangan waktu penelitian, ketekunan pengamatan dan
triangulasi sumber dan metode.
Hasil dari penelitian ini terjawab, proses pembelajaran dengan metode
PAIKEM dalam keterampilan menulis cerpen yaitu guru mampu menciptakan
suasana belajar yang menarik dan menyenangkan, sehingga siswa dengan antusias
mengikuti pembelajaran, sehingga pada saat kegiatan menulis cerpen siswa
dengan mudah menciptakan sebuah karangan cerita pendek yang menarik karena
guru dapat membuat siswa berpikir kreatif. Sehingga hasil belajar dari siswa
sangat baik dan siswa dapat dengan mudah menyelesaikan tugas yang diberikan
guru.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 172021039 AFR I
172021039
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
172021039 AFR I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
ix+76, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
172021039
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Implementasi Kurikulum
SKRIPSI TBIN 2021
Info Detail Spesifik
039
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?