PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Teknik 5W+1H Pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Pademawu

SITTI YULISTIANA - Nama Orang;

Kata Kunci: Penerapan Teknik 5W+1H, Pada Pembelajaran Keterampilan
Menulis Teks Berita
Penelitian ini membahas tentang pembelajaran keterampilan menulis teks
berita siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu yang masih kurang dalam
kemampuan untuk belajar bahasa indonesia terutama pembelajaran tentang
keterampilan menulis teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu Pamekasan.
Teknik 5W+1H yaitu unsur yang digunakan untuk memahami inti sebuah
berita atau juga untuk menentukan suatu pokok berita. Penggunaan unsur 5W+1H
membuat berita atau cerita yang ditulis memiliki alur dan inti yang jelas.
Ada tiga fokus penelitian yang mengkaji utama dalam penelitian ini, yaitu:
Pertama: bagaimana guru menerapkan 5W+1H pada pembelajaran keterampilan
menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu Pamekasan. Kedua, apa
faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan teknik 5W+1H pada
pembelajaran keterampilan menulis menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 2
Pademawu. Ketiga, bagaimana solusi dari faktor penghambat yang timbul pada
penerapan teknik 5W+1H pada pembelajaran keterampilan menulis teks berita
siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis dta menggunakan reduksi data, penyajian data dan
verifikasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan memperpanjang
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.sumber data yang diperoleh
observasi langsung terhadap guru dan siswa di SMPN 2 Pademawu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, memberikan gambaran
terhadap siswa tentang materi yang diajarkan tentang teks berita. Dengan cara
memberikan gambaran terlebih dahulu agar siswa lebih mudah untuk
memahaminya, siswa di suruh mencari isi dari teks berita yang ada dalam sebuah
koran atau majalah lainnya. Dan menyuruh siswa untuk menentukan unsur dari
berita yaitu 5w+1h dengan belajar berkelompok satu bangku. Dan berdiskusi
dengan teman yang lain. Agar siswa dapat mempermudah dalam mencari isi
peristiwa yang terjadi dalam berita tersebut. Kedua, faktor penghambat dan faktor
pendukung yang timbul dalam penerapan teknik 5W+1H pada pembelajaran
keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu. faktor
pendukungnya yaitu, siswa dapat dengan lebih mudah dalam mencari isi dari
berita. Dengan teknik itu dapat memudahkan siswa dalam berdiskusi dan
berkomunikasi dengan orang lain. Adapun faktor penghambat yaitu timbul pada
kemampuan dari masing-masing siswa dalam berbahasa indonesia dan siswa
masih kurang mampu untuk membedakan unsur teknik 5w+1h antara mengapa
dan bagaimana. Sehingga siswa masih kurang mampu dalam menyusun sebuah isi
berita dengan benar dan rinci. Ketiga, guru sering memberikan latian soal
terhadap siswa yang masih kurang mampu dalam kemampuan untuk belajar. Bagisiswa yang kesulitan dalam membedakan antara mengapa dan bagaimana guru
membagikan menjadi beberapa kelompok antara siswa yang kemampuannya
lebih mampu dan siswa yang kemampuannya kurang mampu dalam segi
pembelajaran belajar. Agar siswa lebih cepat dalam memahami dan menyusun
suatu berita menjadi berita yang baik


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 172021077 SIT P
172021077
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
172021077 SIT P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
Xi+72, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
172021077
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI TBIN 2021
KETERAMPILAN MENULIS
Info Detail Spesifik
077
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?