PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh Penerapan Metode Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di SDN BULAY II Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan Tahun ajaran 2021/2022

AMINATUS ZAHRAH - Nama Orang;

Kata Kunci : Metode jigsaw, hasil belajar, mata pelajaran IPA.
Kegiatan pembelajaran merupakan suatu kegiatan interaksi yang dilakukan
oleh guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa. Kegiatan interaksi dapat
dikatakan berhasil apabila dalam interaksi tersebut siswa terlibat aktif.
Ketidakberhasilan siswa dalam suatu pembelajaran salah satunya disebabkan oleh
metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar.
Hal ini terjadi pada kelas V SDN Bulay II yang menyebabkan hasil belajar siswa
rendah serta siswa malas untuk belajar, khususnya pada pembelajaran IPA. Salah
satu metode pembelajaran yang dipandang dapat meningkatkan hasil belajar siswa
adalah metode jigsaw yaitu metode yang menitik beratkan pada kerja kelompok
kecil.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apakah ada pengaruh metode
jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V Di SDN
Bulay II; kedua ,seberapa besar pengaruh penerapan metode jigsaw terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V Di SDN Bulay II.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan
atau metode kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode quasy eksperiment
(eksperimen semu). Bentuk desain eksperimen dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Grup Desain. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas
V. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu:
Kelompok eksperimen dimana kelompok ini siswa diberi perlakuan metode
jigsaw dengan sampel yang terpilih adalah siswa kelas V A dengan 11 siswa, dan
kelompok kontrol dimana siswa diberi perlakuan metode ceramah dengan sampel
yang terpilih adalah siswa kelas V B dengan jumlah 11 siswa. Data penelitian ini
diperoleh melalui soal tes dan dokumentasi. Tes untuk mengetahui hasil belajar
siswa dan dokumentasi berupa foto dikelas eksperimen. Sedangkan teknik analisis
data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis uji hipotesis untuk hasil belajar yang diperoleh menujukkan
bahwa thitung>ttabel dengan taraf signifikansi 5% dengan ttabel yaitu 2,086. Maka
thitung>ttabel yaitu 2,172>2,086, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha
diterima atau ada pengaruh metode jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA. Dan besarnya pengaruh penerapan metode jigsaw terhadap hasil
belajar siswa yang menggunakan rumus effect size, diperoleh ES sebesar 1,06
yang termasuk dalam kriteria yang tinggi karena ES > 1,00 yaitu 1,06>1,00.
Sehingga Ha diterima dan bisa disimpulkan bahwa metode jigsaw dapat
memberikan pengaruh yang positif dengan kategori yang tinggi terhadap hasil
belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V di SDN Bulay II


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 152021016 AMI P
152021016
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152021016 AMI P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xv+64 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152021016
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
HASIL BELAJAR
SKRIPSI PGMI 2021
Info Detail Spesifik
016
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?