PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

enerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Kemampua Membaca bagi Siswa Kelas 1 MI Miftahul Huda Ellak-Laok Lenteng Sumenep

ATIYA ARIFIA - Nama Orang;

Kata Kunci : Guru, Kemampuan Membaca, Role Playing
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca yang
dimiliki oleh siswa kelas I. Bimbingan belajar membaca yang masih monoton
menyebabkan siswa merasa bosan saat belajar membaca. Keadaan ini membuat
siswa terhambat dalam membaca dan ketertinggalan saat proses kegiatan
pembelajaran. Sehingga guru perlu adanya penerapan metode yang sesuai untuk
meningkatkan kemampuan membaca. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan
penerapan metode role playing dimana yang bertujuan agar dapat meningkatkan
kemampuan membaca siswa bagi kelas I MI Miftahul Huda Ellak-Laok Lenteng
Sumenep.
Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subjek penelitian seluruh siswa kelas I MI Miftahul Huda Ellak-Laok
Lenteng Sumenep yang berjumlah 15 siswa. Model PTK ini menggunakan model
Kemmis & Taggart 1982, model ini dilakukan beberapa siklus. Yang menjadi
indikator keberhasilan tindakan kelas ditandai dengan adanya perubahan kearah
perbaikan dalam proses kegiatan pembelajaran. Indikator yang dicapai siswa
dalam penelitian ini adalah suatu tindakan dibandingkan dengan standart minimal
yang ditentukan 80% dari jumlah siswa yang mengikuti kegiatan belajar
mengajar. Dalam penelitian ini siswa dikatakan berhasil jika memiliki nilai 75.
Penelitian ini antara peneliti dan guru kelas I MI Miftahul Huda Ellak Laok
Lenteng Sumenep mengadakan kolaborasi untuk menentukan kriteria yang
digunakan dalam keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Dan strategi yang
digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara, dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, penelitian tindakan kelas disini dilaksanakan
dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan pada setiap siklus
terdapat kegiatan perencanaan meliputi : menyiapkan RPP, menyiapkan lembar
intrumen kemampuan siswa, implementasi tindakan penelitian pada pembelajaran
yang dilakukan secara fleksibel, observasi, yang dilakukan pada saat proses
pembelajaran berlngsung, dan refleksi yng dilakukan untuk memikirkan dan
mengkaji ulang hasil tindakan paa kegiatan yang telah dilaksanakan. Berdasarkan
hasil penelitian yang diperoleh siswa pada pra siklus , siklus I, dan siklus II maka
diketahui bahwa metode role playing dapat meningkatkan kemampuan membaca
bagi kelas I MI Miftahul Huda Ellak-Laok Lenteng Sumenep, yaitu, Pertama, Pra
tindakan menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa masih rendah dengan
nilai kelulusan 40% rata-rata kelas 74,33. Kedua, Siklus I nilai kelulusan siswa
mencapai 53,33% dengan rata-rata kelas 76,73. Ketiga, Siklus II mencapai nilai
kelulusan 86,66% dan rata-rata kelas 85,53. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode role playing dapat meningkatkan kemampua membaca siswa
bagi kelas I MI Miftahul Huda Ellak-Laok Lenteng Sumenep


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 152021025 ATI P
152021025
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152021025 ATI P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xiv+86 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152021025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
MEMBACA
SKRIPSI PGMI 2021
Info Detail Spesifik
025
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?