PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pembentukan Sikap Sosial Melalui Pendekatan Kelompok dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 7 Pamekasan

HINDUN - Nama Orang;

Kata Kunci : Sikap Sosial, Kelompok, Pembelajaran IPS
Peserta didik berbeda-beda dalam bakat atau bawaannya, terutama karena pengaruh
lingkungan sosial yang berlainan. Kelompok dibentuk untuk menciptakan rasa sosial siswa yang
tinggi dan supaya anak sadar bahwa dirinya merupakan mahluk sosial yang membutuhkan orang
lain. Sedangkan hakikat pembelajaran IPS yang bertujuan membantu siswa menjadi warga
Negara yang baik dan memiliki keceerdasan sosial dalam memaksimalkan perannya di
lingkungan keluarga maupun masyarakat Untuk mata pelajaran IPS diharapkan mampu menjadi
jembatan pendidik untuk menyelamatkan sekaligus menjaga nilai-nilai sikap social siswa melalui
kegiatan belajar mengajar.
Peserta didik di SMP Negeri 7 Pamekasan memiliki keberagaman individu yang besar.
Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembentukan sikap sosial yang
dilakukan melalui pendekatan kelompok dalam pembelajran IPS di SMP Negeri 7 Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VII
A dan guru IPS kelas VII A SMP Negeri 7 Pamekasan. Objek dalam penelitian ini adalah
pembentukan sikap sosial siswa melalui pendekatan kelompok dalam pembelajaran IPS.
Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk itu
instrument yang dibuat berupa pedoman wawancara untuk guru dan siswa, pedoman observasi
untuk siswa, dan pedoman analisis dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan sikap sosial melalui pendekatan
kelompok dalam pembelajaran IPS dapat dibentuk dengan pertama memberi contoh langsung
terhadap siswa kedua dengan menggunakan perjanjian, ketiga menggunakan sistem rangking.
Sedangkan implikasi sosial dari Pendekatan kelompok dalam pembelajaran IPS diharapkan dapat
membantu siswa membentuk sikap sosialnya dan menjadikan pribadi yang disiplin, tolong
menolong. Sopan santun dan bertanggung jawab.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 182021040 HIN P
182021040
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182021040 HIN P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
Xii+68, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182021040
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SIKAP SOSIAL SISWA
SKRIPSI TIPS 2021
Info Detail Spesifik
040
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?