PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Strategi Belajar Aktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Pada Materi Drama Kelas V di SDN Sokalela Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan

YULIA AGUSTINI - Nama Orang;

Kata Kunci: Strategi Belajar, Berbahasa Indonesia.
Strategi belajar aktif merupakan strategi yang dapat mengajak siswa belajar secara
aktif dalam berproses saat pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran diperlukan strategi
yang dapat mengaktifkan siswa saat pembelajaran. Guru perlu menerapkan strategi belajar
aktif dengan merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan tidak bikin siswa jenuh.
Strategi yang tepat diharapkan pendidik dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu, pertama, Bagaimana persiapan dalam
melaksanakan strategi belajar aktif di SDN Sokalela kecamatan kadur kbaupaten pamekasan;
kedua, Bagaimana penerapan strategi belajar aktif dalam meningkatkan kemampuan
berbahasa indonesia pada materi drama di SDN Sokalela kecamatan kadur kabupaten
pamekasan; ketiga, Bagaimana keberhasilan strategi belajar aktif dalam meningkatkan
kemampuan berbahasa indonesia pada materi drama di SDN Sokalela kecamatan kadur
kabupaten pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber
data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah yang
menuntut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti Kepala
Sekolah, Guru Kelas 5, Dan peserta didik. sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) persiapan guru yang digunakan dalam
meningkatkan kemampuan berbahasa yakni RPP, buku. Metode yang digunakan di sekolah
SDN Sokalela yaitu, ceramah, membaca, diskusi, dan memberikan tugas (2) yang diterapkan
disekolah ini adalah membaca dan interaksi antar sesama (3) keberhasilan yang diperoleh
yakni peserta didik lebih bersemangat mengikuti pembelajaran karena menyenangkan, sering
membiasakan diri berinteraksi tujuannya untuk melancarkan dalam berbahasa


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 152021029 YUL P
152021029
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152021029 YUL P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xi+64 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152021029
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Strategi Pembelajaran
SKRIPSI PGMI 2021
Info Detail Spesifik
029
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?