PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Strategi Guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Mengoptimalkan Aspek Afektif Peserta Didik di SMPN 8 Pamekasan

AGUNG WIDIYANTO SANTOSO - Nama Orang;

Kata Kunci: Strategi, Guru, Aspek Afektif, Pembelajaran IPS

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru IPS ketika pra pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan pascapembelajaran (evaluasi) dalam mengoptimalkan aspek afektif peserta didik di SMPN 8 Pamekasan. (2) Untuk mengetahui bagaimana dampak strategi guru IPS dalam mengoptimalkan aspek afektif bagi peserta didik di SMPN 8 Pamekasan. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru IPS dalam mengoptimalkan aspek afektif peserta didik di SMPN 8 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis yang berorientasi untuk mendapatkan penjelasan tentang realitas yang tampak atau ada. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti yakni berupa sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah guru IPS, kepala sekolah, dan peserta didik. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data adalah dengan memperpanjang pengamatan dan triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini ialah (1) Strategi yang dilakukan guru IPS dalam mengoptimalkan aspek afektif peserta didik terbagi menjadi tiga tahap yaitu Pra pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan pasca pembelajaran. Pada pra pembelajaran guru menyiapkan segala keperluan untuk pembelajaran salah satunya menyiapkan rencana pelaksaan pembelajaran (RPP) dan menyiapkan media yang akan digunakan dalam pembelajaran. Pada saat pembelajaran guru mengintegrasikan materi pelajaran IPS dengan kehidupan sosial. Pada pasca pembelajaran guru melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah disampaikan dan terus mengontrol kegiatan peserta didik baik di kelas maupun di luar kelas melalui tata tertib yang ada dalam sekolah tersebut. (2) Dampak dari penerapan strategi tersebut adalah membentuk peserta didik ke arah yang lebih positif jika ditinjau dari aspek afektif. Peserta didik semakin disiplin dalam segala hal dan bertanggung jawab dalam semua kewajibannya. (3) Faktor yang mendukung strategi ini adalah Kompetensi guru IPS, b) Tata tertib sekolah, c) Program yang bernama paguyuban d) Motivasi siswa e) Adanya dukungan dari wali murid f) Kegiatan Sosial dan g) Kegiatan keagamaan. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat guru IPS dalam mengoptimalkan aspek afektif peserta didik adalah a) Perbedaan Karakter peserta didik, b) Usia peserta didik dan c) Pengaruh Teman.


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 182021048 AGU S
182021048
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182021048 AGU S
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
X+101, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182021048
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
STRATEGI
SKRIPSI TIPS 2021
Info Detail Spesifik
048
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?