PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Tematik Sub Tema Perubahan Dan Pengaruh Cuaca Di SDN Pagagan 2 Pademawu

TRI OKTAVIANI - Nama Orang;

Kata Kunci: Mind Mapping, Kreativitas Belajar, Pembelajaran Tematik
Penerapan metode mind mapping yang dilakukan untuk mengembangkan kreativitas
siswa kelas III. Oleh karena itu metode ini dilakukan dengan senang hati yang nantinya
mampu memotivasi semangat belajar siswa dalam pembelajaran perubahan dan pengaruh
cuaca. Sehingga dengan penerapan metode mind mapping ini dapat mengembangkan
kreativitas belajar siswa.
Tujuan dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana tahap persiapan model
pembelajaran mind mapping dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa kelas III,
kedua, pelaksanaan proses penerapan metode mind mapping dalam mengembangkan
kreativitas belajar siswa kelas III, ketiga, kelebihan dan kekurangan model pembelajaran
mind mapping dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa kelas III.
Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah yang menuntut peneliti
dianggap mengusai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti guru kelas III dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, Persiapan yang dilakukan oleh Guru
kelas di SDN Pagagan 2 yaitu Guru mempelajari materi perubahan dan pengaruh cuaca.
kedua, guru terlebih dahulu menjelaskan pengertian tentang apa itu perubahan dan pengaruh
cuaca serta memperlihatkan metode berupa mind mapping yang berisi tentang cuaca. ketiga,
kelebihan serta kekurangan penggunaan metode pembelajaran mind mapping dalam
mengembangkan kreativitas anak dirasa sudah berjalan. Metode ini memberikan dampak
yang baik bagi guru maupun siswa. Sebelum menggunakan model pembelajaran mind
mapping dari 12 siswa tidak ada satupun yang kreativ, tetapi setelah diterapkannya model
pembelajaran mind mapping ada 7 siswa yang mulai mengembangkan kreativitas belajarnya


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 152021031 TRI I
152021031
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152021031 TRI I
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xiii+65 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152021031
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kreativitas Belajar Anak
SKRIPSI PGMI 2021
Info Detail Spesifik
031
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?