PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Media Konkret di Kelas IV SD Plus Al-Firdaus Pademawu Pamekasan

ALVINDA DWI SAPUTRI - Nama Orang;

Kata Kunci: Hasil Belajar, Penggunaan Media Konkret, Mata Pelajaran IPS
Saat ini, terdapat beberapa guru yang ditemukan masih melakukan
penyampaian ilmu atau informasi kepada siswa hanya menggunakan media atau
alat bantu seadanya saja. Guru masih menerapkan metode ceramah yang pada
umumnya sudah biasa dilakukan, sehingga membuat hasil belajar siswa menjadi
kurang. Hal ini membuat guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam
mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat dengan mudah
membantu menyampaikan materi, seperti penggunaan media konkret pada saat
pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga rumusan masalah yang ada pada
penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana perencanaan penggunaan media konkret
dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SD
Plus Al-Firdaus. kedua, bagaimana pelaksanaan penggunaan media konkret dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran di SD Plus AlFirdaus, dan ketiga, bagaimana hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran
IPS setelah diterapkan media konkret di SD Plus Al-Firdaus.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) dengan jenis penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.
Pendekatan penelitian kualitatif digunakan untuk memperoleh data pada saat
proses kegiatan belajar dan observasi. Sedangkan untuk pendekatan penelitian
kuantitatif digunakan untuk mengetahui hasil tes disetiap siklus atau tindakan
yang sudah dilakukan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informasi diperoleh dari Guru
kelas IV, dan salah satu siswa kelas VI.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, dalam perencanaan
penerapan media konkret di kelas IV SD Plus Al-Firdaus pada mata pelajaran
IPS, terdapat beberapa hal yang perlu direncanakan agar pembelajaran tersebut
dapat berjalan dengan lancar. Perencanaan dilakukan sesuai dengan materi
pembelajaran yang dipelajari. Pada saat siklus 1 mengalami peningkatan sebanyak
3% yaitu (67,61%) dari (64,88%) sebelum diberikan tindakan, materi yang
dijelaskan guru tentang sebuat atlas. Guru membawakan dan menunjukan kepada
siswa sebuah atlas sebagai media konkret. Guru meminta siswa untuk menunjuk
letak provinsi yang disebutkan oleh guru. Misalnya, tunjukkan letak provinsi
Jambi. Kemudian, siswa menunjukan letak provinsi tersebut di dalam atlas. Siklus
ke 2 mengalami peningkatan juga sebanyak 3% yaitu (70,05%) dari (67,61%),
materi yang diberikan oleh guru mengenai baju adat daerah. Guru menyiapkan
serta memakai salah satu contoh baju adat daerah sebagai media konkret kepada
siswa dalam materi pembelajaran tersebut. Sehingga, siswa dapat dengan mudah
memahami materi pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajarnya.
Kedua, penerapan penggunaan media konkret dilaksanakan dengan mengikuti
pedoman Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah dibuat
sebelumnya. Sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan
pembelajaran, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
IPS. Ketiga, dapun hasil dari penerapan media konkret pada mata pelajaran IPS
kelas IV yang sudah diterapkan selama 2 siklus, hasilnya berhasil dalam
meningkatkan hasil belajar siswa


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 152021034 ALV U
152021034
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
152021034 ALV U
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
xv+74 hlm., 21x29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
152021034
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
HASIL BELAJAR
SKRIPSI PGMI 2021
Info Detail Spesifik
034
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?