PERPUSTAKAAN UIN MADURA

Perpustakaan Religius, Kompetitif dan Kolaboratif

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Peran Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VII Di MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean Pamekasan.

HARIANTO - Nama Orang;

Kata Kunci : Peran Guru, Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Keberhasilan suatu pempelajaran tak lepas dari peran guru
sebagai seorang pendidik di lingkungan sekolah. Dalam proses
pembelajaranya, guru dituntut untuk memiliki kemampuan meningkatkan
kualitas pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang kondusif dan
berkualitas pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs Tahfidz
Ismailiyah Tlontoraja Pasean Pamekasan.
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peran guru dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran IPS, serta untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat yang dihadapi guru pengajar IPS di sekolah
MTs Tahfidz Ismailiyah Tlontoraja Pasean Pamekasan
Untuk mencapai penelitian diatas, digunakan pendekatan
penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik
yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara,
observasi dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data penelitian
meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan
dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan
derajat kepercayaan yang meliputi triangulasi.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Guru mempunyai
peran yang komplit, yaitu,pengelola kelas, guru mediator dan fasilitator,
guru berperan sebagai pemimpin, pengajar dan pendidik, guru sebagai
contoh kepada siswanya. Dan kerja sama yan baik antara guru dan siswa.
(2) Faktor pendukung yaitu ada dua faktor. Pertama,faktor internal,
merupakan faktor pendukung yang lahirdiri sendiri yang ada pada diri
seorang guru. Kedua, faktor eksternal, dalam proses belajar mengajar
melibatkan dua kelompok yaitu guru dan siswa. Ketika siswa menjadi
faktor pendukung dan penghambat berhasil tidaknya sistem belajar
mengajar IPS di MTs Tahfidz Ismailiyah


Ketersediaan
#
Perpustakaan IAIN Madura (RUANG SKRIPSI) 182021064 HAR P
182021064
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
182021064 HAR P
Penerbit
Pamekasan : IAIN Madura., 2021
Deskripsi Fisik
ix+69, 21x29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
182021064
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembelajaran
SKRIPSI TIPS 2021
Info Detail Spesifik
064
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Daftar Mandiri
  • Area Anggota
  • Penghitung Pengunjung
  • Cek Denda
  • Survei
  • Masuk Administrator
PERPUSTAKAAN UIN MADURA
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Menyediakan sumber informasi dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu informasi untuk pendidikan atau pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pengecekan Denda
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?